Innalillahi, Syeikh Rajab Dieb Sufi Syiria Wafat

SYIRIA, (SM)–Dunia Islam hari ini kehilangan kembali salah seorang ulama kharismatik dari Syiria. Sosok ulama ahli tafsir, ahli hadis, guru besar Thoriqah Naqsyabandiyah, yakni Al-Alamah Syeikh Rojab Subhi Dib Rahmatullahi Ta’ala Anhu wafat pada Rabu, 15 Juni 2016.

Semoga Allah Swt mengampuni seluruh dosa dan kesalahannya dan diterima seluruh amal sholihnya, dan ditempatkan di syurga fidaus bersama para gurunya. Amin.

Syekh Rojab Dieb dilahirkan di Damaskus pada tahun 1931. Beliau mulai menuntut ilmu sejak berumur 7 tahun, dan ia juga selalu aktif menghadiri pengajian-pengajian di masjid besar Umawy, dan berguru kepada ulama-ulama besar pada saat itu dan mendapatkan ijazah keilmuan dari para ulama tersebut hingga ia memasuki jenjang kuliah di Fakultas Dakwah Islamiyah cabang Damaskus.

Ia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan lulus dengan predikat jayyid (baik) pada tahun 1988 beliau meraih gelar Doktor dari Pakistan. Sampai akhir hayatnya, Syekh Rojab dipercayai sebagai pengajar ilmu agama di Majlis Fatwa Kementrian Wakaf Syria. Selain hafal Al-Qur’an, ia  juga hafal lebih dari 40.000 Hadits.

Kiprahnya dalam bidang da’wah Islamiyyah yang moderat sudah tidak diragukan lagi, baik di level lokal maupun internasional. Banyak sekali negara-negara yang telah ia kunjungi, mulai dari Amerika, Perancis, Maroko dan bahkan Pakistan, termasuk Indonesia dan kesemuanya adalah untuk menyebarkan ajaran Islam dan mengajak seluruh umat Islam untuk berdzikir (ingat) kepada Allah. Karena hanya dengan itulah umat Islam bisa maju dan berkembang.

Di Indonesia, Syaikh Rojab tercatat sudah mengunjungi Pondok Pesantren Modern Darunnajah Jakarta, Pondok Pesantren Darul Quran Ustadz Yusuf Mansyur, Pondok Pesantren Al Hikam K.H Hasyim Muzadi dan Pondok Pesantren Salaf lainnya.

Selain itu, ia juga sudah sering diundang dalam rangka kegiatan yang di lakukan oleh lembaga-lembaga yang dibawah naungan Pengurus Besar Nahdzatul Ulama terutama Lembaga Thoriqoh Mu’tabaroh Annahdziyyah dibawah pimpinan Habib Luthfi Bin Yahya. Dalam sebuah pertemuan dengan Habib Luthfi dan jamaah, Habib Lutffi pernah mengatakan bahwa Syaikh Rojab Dieb merupakan wali Allah daerah Syuriah. Wallahu a’lam. (FR)

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »