pinmas

Inilah Sekilas Bus Pengantar Jamaah Haji

MADINAH, (SM)– Menempuh perjalanan sekitar 7 jam dari kota Madinah ke Mekah, di bawah terik matahari dengan suhu lebih dari 45 derajat celsius, bisa jadi sesuatu yang melelahkan dan membosankan, bahkan bisa memicu kelemahan fisik dan psikis jamaah haji.

Namun, dengan pelayanan maksimal yang diberikan Pemerintah, jamaah haji tahun 1437H akan terasa nyaman dengan layanan bis eksekutif. Itulah kira-kira yang akan dirasakan jamaah haji asal Indonesia.

Subchan Cholid, Kepala Bidang Transportasi PPIH Saudi Arabia, bercerita soal fasilitas bis antar kota perhajian yang bisa membuat jamaah haji nyaman selama perjalanan ke kota suci.

“Semua bis untuk jamaah haji Indonesia ini telah diupgrade dari layanan standar naqabah (perusahaan jasa layanan transportasi)”, terang Subchan saat meninjau persiapan transportasi di poll bis di Madinah, Selasa (16/9).

Melihat sekilas saja, dari penampakan bis cukuplah dapat memberikan penilaian fasilitas di dalamnya. Dengan rata-rata umur 5 tahun, bis mewah ini dilengkapi dua pintu masuk untuk penumpang di sisi kanan, bagasi dan kapasitas 45 tempat duduk.

  1. Tempat Duduk
    Saat memasuki bis, terlihat tempat duduk nyaman dua dua berjajar. Terbuat dari bahan berkualitas, terasa empuk saat diduduki, dan desain ergonomis lengkap dengan sabuk keselamatan untuk kenyamanan jamaah selama perjalanan. Jarak antar tempat duduk yang longgar memungkinkan kaki dapat bergerak leluasa selama duduk.

Di bagian bawah terdapat sandaran kaki dan sandaran tangan disamping dapat diatur sesuai kebutuhan. Bagian depan ada kantung yang menempel dengan kursi depan, untuk menyimpan minuman atau makanan. Selain itu ada meja kecil dapat dilipat, dapat digunakan sewaktu-waktu memerlukan.

Di bagian atas tempat duduk, terdapat kabin untuk menyimpan barang bawaan, lampu penerangan dan lubang pendingin yang dapat diatur menurut kebutuhan.

  1. Minuman Dingin
    Dilengkapi dengan kulkas, bis ini menyediakan minuman dingin gratis untuk jamaah haji sepanjang perjalanan. Jika membawa minuman sendiri, tempat ini bisa digunakan untuk menyimpan agar menjadi dingin dan segar saat diminum.
  2. Toilet
    Jamaah tak perlu resah soal buang air kecil ataupun air besar sepanjang perjalanan. Terletak di dekat pintu tengah, bis ini telah dilengkapi toilet guna memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk menjangkaunya, jamaah mesti menuruni beberapa anak tangga layaknya keluar dari bis. Meskipun didesain minimalis, toilet ini tergolong lengkap. Terdapat WC duduk, shower, wastafel dan blower yang membuat toilet tetap segar.
  3. Hiburan
    Dilengkapi dua televisi layar datar berukuran 12 inci, sepanjang perjalanan jamaah akan ditemani tayangan video tentang sejarah Islam dan wacana ibadah lainnya seputar haji untuk menambah pengetahuan.
  4. Charger Handphone
    Baterai handphone kritis? Tidak masalah. Sebab disetiap kursi penumpang dilengkapi colokan USB untuk menambah daya baterai.
  5. Layanan Bagasi
    Di bagian bawah bis, terdapat bagasi yang cukup lega untuk mengangkut seluruh koper jamaah. Sehingga jamaah tak perlu khawatir akan ketinggalan atau terpisah dari kopernya.
  6. Layanan Keluhan Penumpang
    Guna memberikan kenyamanan bagi jamaah selama perjalanan, telah disiapkan sopir-sopir handal dan berpengalaman. Namun demikian bila jamaah merasa kurang nyaman terhadap seluruh layanan, bisa segera melaporkan keluhan ke nomor 050 893 2700 atau 053 647 4591. Nomor tersebut tertera di bagian depan bis, yang terlihat secara jelas dari tempat duduk. Setiap keluhan akan langsung ditanggapi dan menjadi bahan evaluasi terhadap kontrak dengan penyedia jasa transportasi.

Ada empat perusahaan penyedia jasa transportasi yang dipercaya Pemerintah Indonesia untuk melayani jamaah. Perusahaan tersebut adalah Saptco, Rawahel, Rabitat Makkah, dan Qawafil. Subchan berharap tidak ada kendala operasional transportasi yang dapat mengganggu kekhusuan jamaah dalam beribadah. [FR-Pinmas]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Pembatalan Haji 2020, Dirjen: Saudi Belum Buka Akses Layanan

SM | Jakarta–Kementerian Agama memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah haji 1441H/2020M. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah …

Efek Covid-19, Pemerintah Putuskan Haji 2020 Tidak Berangkat

SM | Jakarta–Calon jemaah haji tahun ini mesti bersabar. Rencana keberangkatan haji yang sudah di …

Translate »