Inilah Masjid Terbanyak Jamaah Shalat Subuhnya di Indonesia

BALI-SM. Baitul-MakmurJika di daerah mayoritas Muslim biasanya jamaah shalat subuhnya selalu sedikit, ini akan berbeda jauh dengan suasana shalat subuh berjamaah di Bali. Tepatnya di Masjid Baitul Makmur yang berada di Jalan Gunung Merbuk Perumahan Monang Maning, Denpasar, Bali. Jika shalat lain jamaahnya seperdua, pada saat shalat subuh jamaahnya penuh bahkan lebih banyak lagi hingga ke pelataran masjid pada hari Ahad.

Hal ini diakui salah satu Pengurus Masjid Baitul Makmur Bambang Santoso yang mengatakan bahwa setiap shalat subuh, jumlah jamaah bisa mencapai 700 orang bahkan pada hari sabtu – ahad bisa mencapai 1.500 jamaah. Tingginya antusias jamaah ini bukan semata-mata karena warga Muslim di Bali adalah minirotas namun karena adanya hidayah dalam hati jamaah serta taufiq yang menyertainya. “Ini perlu kreatifitas para pengurus masjid,” paparnya.

Bambang mengakui masih banyak persoalan yang harus dibenahi sehingga syiar Islam lebih menggema di Bali. Sebagai contoh saat ini masih terdapat beberapa masjid di tempat-tempat terpencil di Bali yang membutuhkan perhatian masyarakat Muslim. Ia mencatat di Bali terdapat 638 masjid dan mushalla namun dari sekian banyak masjid dan mushalla hanya 326 masjid yang bisa digunakan untuk shalat jum’at karena lain kondisinya belum memenuhi syarat.

Hal ini menjadi tantangan dakwah di Bali karena umat Islam berada di tengah mayoritas non Muslim. Paling tidak dengan program pemberdayaan pendidikan, perubadatan dan perekonomian berbasis masjid, akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Semoga program ini mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli dengan syiar Islam,” paparnya.

Masjid Baitul Makmur berdiri diatas lahan seluas 12, 89 ha. Dibawah Yayasan  Baitul Makmur berdiri lembaga pendidikan TK Aisyah, SD Muhammadiyah 3, dan SMP Muhammadiyah 3. Masjid tiga lantai yang dilengkapi perpustakaan ini menjalankan aktivitas masjid diantaranya bidang Ketakmiran yang berfungsi mengatur solat 5 waktu, sholat Jum’at, pengajian, tafsir al-Qur’an dan hadis tiap dua minggu sekali, bedah buku, infaq, sodaqoh dan menyediakan fasilitas ketika dilaksanakan kegiatan.

Masjid ini pernah memenangkan perlombaan Semarak Muharram 1426 Hijriyah dalam kategori kegiatan masjid dan menjadi tempat pelantikan pengurus Dewan Masjid Indonesia wilayah Bali yang dihadiri oleh HM Jusuf Kalla selaku ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat. [ach – m.asia]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Masjid Raya Tebing Tinggi, Peninggalan Kerajaan Negeri Padang

SM| Tebingg Tinggi–Sumatera Utara memiliki banyak objek wisata religi dengan sejarahnya. Satu di antaranya objek …

Pemerintah akan Merenovasi Masjid Istiqlal

SM| Jakarta–Setelah puluhan tahun berdiri, sebentar lagi Masjid Istiqlal akan memiliki wajah yang makin cantik. Pemerintah berencana merenovasi …

Translate »