Inilah Caranya Mendaftar ke Pondok Gontor secara Online

SM | Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, Pondok Modern Darussalam Gontor melaksanakan penerimaan santri baru secara online. Kebijakan ini diberlakukan sebagai bentuk respon terhadap situasi dan kondisi terkait masifnya penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Untuk mengetahui bagaimana informasi dan teknis penerimaan santri Gontor secara online, seperti diberitakan Gontornews, melalui wawancara Mohamad Deny Irawan dengan Muhammad Nazeef Masyhudi selaku panitia ujian masuk Gontor (Panjimas). Berikut wawancaranya:

Bisa diceritakan bagaimana proses penerimaan santri Gontor berbasis online?

Ini kebijakan bapak pimpinan. Pendaftaran tahun ini dilaksanakan secara online. Khusus tahun ini saja, bisa jadi tahun depan berubah. Kemudian pembayarannya melalui virtual account. Semua informasi terpusat pada halaman website resmi Pondok Moden Darussalam Gontor. Jadi, kami telah menyiapkan website resmi untuk pendaftaran. Semua proses pendaftaran melalui website tersebut. Baik formulir dan juga pembayaran.

Apakah server penerimaan santri Gontor dijamin aman?

Untuk server, insya Allah (aman). Server ini dikembangkan oleh tim ICT Pondok yang diketuai Ustadz Jumhurul Umami. Untuk pengembangan website penerimaan sendiri merupakan permintaan dari Bapak Direktur KMI, KH Masyhudi Shobari, agar pengembangan website dilaksanakan oleh pihak pondok dan tidak menyewa dari luar. Kami menggunakan sumberdaya manusia (SDM) dari internal pesantren.

Kapan pendaftaran Gontor online dibuka?

Tanggal 15 Ramadhan website pendaftaran Gontor online secara resmi dibuka. Sekarang, websitenya belum bisa diakses. Alamat website sudah kami cantumkan pada informasi pendaftaran namun aksesnya masih ditutup sampai waktu pembukaan pendaftaran Gontor resmi dibuka.

Apa saja berkas yang diunggah di website pendaftaran?

Website pendaftaran Gontor terdiri dari pengisian formulir dan juga beberapa berkas  seperti surat kesehatan dari dinas kesehatan, lembaga atau pihak yang bisa mengeluarkan keterangan tersebut. Selain itu, para calon pendaftar juga diharuskan untuk mengunggah surat keterangan bebas narkoba dan foto. Sementara berkas-berkas lainya dilampirkan secara fisik saat tiba di pondok.

Sementara, surat pernyataan, surat permohonan, dan kartu calon pelajar dapat diunduh setelah pendaftaran terverifikasi dan biaya pendaftaran dibayar lunas.

Artinya surat pernyataan, surat permohonan dan kartu calon pelajar dibawa ketika pemberkasan di Gontor nanti?

Ketiga berkas diatas dapat diunduh dari website, ditandatangani oleh wali serta dilampirkan materai 6000. Ketiga berkas di atas dibawa saat pemberkasan dilaksanakan. Pun dengan pas foto juga dilampirkan secara fisik.

Jika mengacu pada tanggal pendaftaran online yang dimulai 15 Ramadhan-6 Syawwal bagi putra dan 11 Syawwal bagi putri, kapan para peserta mendapatkan penjadwalan ujian lisan?

Antrean ujian lisan akan didapat ketika peserta tiba di pondok dan menyerahkan berkas yang dibutuhkan. Langkah ini dilakukan demi mengantisipasi beberapa peserta yang belum dapat berangkat dari rumah dengan berbagai kendala. Sementara nomor ujian yang akan digunakan saat ujian lisan adalah nomor ujian yang didapat setelah pendaftaran online terverifikasi.

Di mana lokasi pendaftaran dan lokasi ujian masuk Gontor?

Jadwal ujian tulis putra tetap sesuai jadwal dan dilakukan pada 11 Syawwal di Gontor Kampus Pusat, Mlarak Ponorogo. Sementara ujian lisan dilaksanakan di Gontor kampus 2, Madusari, Siman, Ponorogo. Sedangkan pendaftaran, ujian lisan dan tulis bagi Putri tetap dilaksanakan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Mantingan, Sambirejo Ngawi.

Ada catatan menarik terkait informasi pendaftaran Gontor tahun ini. Panitia menuliskan keterangan “jadwal ujian bisa berubah sewaktu-waktu dengan berkembangan situasi dan kondisi”. Apa maksudnya?

Betul. Maksud kami, jadwal ujian memang telah ditentukan. Selama belum ada perubahan, jadwal itu yang jadi patokan. Kebijakan perubahan jadwal ujian bisa terjadi setelah melihat situasi dan kondisi sekarang. Mungkin, bapak pimpinan ataupun bapak direktur akan mengubah waktu apabila memang situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk melaksanakan ujian lisan dan tulis. Namun, sejauh ini, tanggal pendaftaran maupun tanggal ujian masih sesuai dengan jadwal.

Apakah ada kemungkinan Gontor membuka pendaftaran secara offline mengingat ada kemungkinan beberapa calon wali santri yang mungkin saja gagap teknologi?

Semua yang datang ke pondok, akan kami arahkan untuk pendaftaran online. Kalaupun ada wali santri yang datang ke pondok, kami akan tetap menjelaskan bahwa tidak ada pendaftaran di pondok dan mempersilakan para calon wali santri untuk mendaftar secara online. Karena sampai saat ini, pondok masih berstatus tidak menerima tamu.

Kapan ujian tulis dilaksanakan?

Ujian tulis tetap dilaksanakan serentak pada 11 Syawwal bagi putra dan 15 Syawwal bagi putri.

Kapan pengumuman kelulusan?

Untuk pengumuman merupakan kebijakan bapak pimpinan atau bapak direktur. Kami masih belum bisa menentukan.

Adakah pembatasan jumlah wali santri yang mendampingi saat pendaftaran?

Untuk pendampingan ada pembatasan. Pondok hanya mempersilakan satu orang wali yang mendampingi. Baik dari wali ataupun orang tua. Jadi, karena surat pernyataan sudah ditandatangani di rumah, Insya Allah tidak akan masalah perihal pendampingan.

Apa pesan yang ingin disampaikan oleh panitia ujian masuk Gontor?

Yang ingin kami sampaikan adalah agar para wali santri melihat informasi dan menghubungi nomor panitia ujian yang tertera di website resmi Pondok Modern Darussalam Gontor. []

Sumber : Gontornews.com

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Ikatan Khatib DMI Bagikan Alat Pengukur Suhu Tubuh ke Masjid

SM | Depok–Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) membagikan alat pengukur suhu tubuh ke masjid-masjid …

Gabungan Asosiasi Haji Minta Pertemuan Koordinasi dengan Kemenag

SM | Jakarta–Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) meminta Kementerian Agama (Kemenag) …

Translate »