IAIN Bengkulu Rencana Buka Prodi Haji dan Umrah

BENGKULU, SM–IAIN Bengkulu menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Gedung Rektorat IAIN Bengkulu, Jumat (08/04/2016).

Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis mengapresiasi atas inisiasi IAIN Bengkulu berencana untuk membuka sebuah program studi dan fakultas yang berorientasi pada manajemen haji dan umrah dalam Fakultas Dakwah.

“Beberapa waktu lalu rektor IAIN Bengkulu berdiskusi dengan kami membahas pembukaan prodi ini, kami memberikan masukan agar prodi ini masuk dalam fakultas bisnis syariah dibandingkan fakultas dakwah sehingga dapat menghasilkan lulusan dengan peluang pasar besar dengan jemaah haji masa tunggu 2,9 juta orang,” jelas dia seperti dilansir situs kemenag.go.id (8/4).

Muhajirin menjelaskan terkait bagian Direktorat Pembinaan Haji dan Umrah untuk memberikan informasi awal kepada IAIN Bengkulu untuk membahas lebih dalam mata kuliah yang akan dipilih nantinya. Menurut dia terdapat tiga hal penting dalam penyelenggaraan haji sesuai dengan UU 13/2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji diantaranya pembinaan, pelayanan dan perlindungan.

Penyelanggaran haji dan umrah memang memiliki karakteristik yang berbeda karena melibatkan banyak pihak, mengelola banyak uang, waktu operasional yang terbatas, pelaksanaan kegiatan tidak hanya di Tanah Air tetapi juga di Arab Saudi.

Menurut Muhajirin haji membuat seluruh pihak bekerja keras karena status sosial yang berbeda-beda diantara jemaah, sehingga penanganannya pun berbeda. Mulai dengan tingkat pendidikan, kendala bahasa daerah, masalah usia, hingga kesehatan jemaah. Kendala ini tentu harus dikaji dengan fiqih haji yang dapat menjadi mata kuliah. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Forjim Belajar Menilisik Berita Sensitif Kasus Reynhard dari Wartawan BBC Indonesia

SM| Jakarta–Senin 6 Januari 2020 lalu, BBC News Indonesia menggemparkan jagat pemberitaan. Hari itu, situs …

Masjid Sebagai Pusat Pengasuhan Pembangunan Karakter Anak

SM| Bontang–Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar …

Translate »