metrotvnews.com

HNW; Remaja Masjid Harus Menangkal Radikalisme

JAKARTA-SM. Gerakan radikalisme dan aksi teror telah menjadikan citra negatif umat Islam di Indonesia. Gerakan ini mencatut nama Islam dalam menajalankan aksinya. Lagi-lagi Islam yang menjadi sorotan dunia karena ulah segelintir orang yang tidak bertanggungjawab.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengaku sangat miris melihat perkembangan umat Islam. Positioning Islam dalam kiprahnya di Indonesia dan dunia menjadi terpojok. Hal itu disampaikan HNW dalam perbincangan dengan delapan orang delegasi perwakilan Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI), di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis 21 Januari 2016.

HNW berharap agar remaja masjid dalam hal ini generasi muda Islam seharusnya berkiprah untuk merubah positioning Islam yang terpojok menjadi berada di posisi yang lebih baik.

“Sekarang ini terjadi kegalauan yang terjadi di dunia Islam di Indonesia seperti terorisme dan radikalisme yang kebanyakan pelaku-pelakunya adalah remaja yang mengaku-ngaku Islam, remaja masjid dan kiprah-kiprah positifnya harus berupaya membalik situasi. Kiprah remaja masjid adalah jawaban konkrit bahwa Islam bukan teroris dan radikal,” ujar politisi senior PKS dalam berita viva.co.id (21/1)

Remaja masjid di seluruh Indonesia, lanjut HNW, harus berupaya keras menangkal pemahaman radikalisme dengan mengajak rekan-rekan remaja lain untuk waspada dari hasutan dan pengaruh negatif gerakan radikalisme.

“Di sisi lain soal narkoba juga sangat berbahaya, kejahatan narkoba juga adalah aksi terorisme yang sangat berbahaya juga dan harus ditangani serius juga,” katanya.

Menurut Ketua JPRMI Otong Somantri, JPRMI merupakan sebuah organisasi Islam yang merupakan wadah remaja-remaja Islam yang tersebar hampir di seluruh Indonesia.

“Kami memiliki visi untuk menjadi bagian dari problem solver umat dan bangsa. Dengan itu kami memiliki berbagai program dan kegiatan organisasi seperti masjid sebagai tempat belajar pendidikan dasar masyarakat,” paparnya.

Otong mengatakan, JPRMI juga memiliki program beasiswa bagi siswa dan membantu UKM di berbagai daerah dengan bekerjasama dengan pihak berkompeten, sehingga target melahirkan wirausaha-wirausaha Islam muda bisa terwujud.

“Program yang paling gress adalah pembuatan aplikasi android untuk mempermudah komunikasi kegiatan kita di seluruh jaringan di seluruh Indonesia,” ujarnya. [FR]

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »