Grand Syaikh Al Azhar Berikan Beasiswa 50 Santri Gontor

PONOROGO, SM – Terkesan saat berkunjung ke Pondok Modern Darussalam Gontor, Grand Syeikh Al-Azhar Syaikh Ahmad El-Tayyib  berikan beasiswa 50 santri untuk kuliah di Fakultas Agama atau Sains.

Grand Syaikh mengatakan, kunjungan kali ini adalah yang kedua. 10 tahun lalu, dia ikut rombongan  Syeikh Al Azhar, Syeikh Ahmad Tantawi ke Pondok Gontor. “Saya tidak terlalu tahu banyak tentang pondok ini. Saya tidak tahu apakah ini salah Syaikh Al-Azhar atau salah Doktor Hasan?” candanya seperti dikutip majalahgontor.net (25/2).

“Pondok Gontor merupakan miniatur Universitas Al-Azhar dalam upaya membentuk generasi muda Indonesia yang berpegang teguh pada ajaran Islam,” ungkap Grand Syaikh.

gontor-2Menurutnya,  Gontor memiliki peran penting dalam membentuk jiwa dan pikiran moderat melalui pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. “Ini usaha paling berat yang sebagian besar negara Islam di dunia ini tidak mampu melaksanakannya sampai saat ini,” tegasnya  di depan 4500 santri dan 1000 tamu undangan di Balai Pertemuan Pondok Gontor.

Grand Syaikh mengungkapkan, sebagai bentuk dukungan nyata dari Al-Azhar dan dalam rangka mempererat hubungan antar dua lembaga ini, maka Universitas Al-Azhar akan memberikan 50 beasiswa khusus untuk Gontor di semua fakultas, baik Fakultas Agama ataupun Fakultas Sains.

Grand Syaikh Al-Azhar membuka Peringatan 90 Tahun PM Darussalam Gontor pada Kamis, 25 Februari 2016. Ia tiba di Gontor didampingi Menteri Agama RI, Wakil Menteri Luar Negeri, Sekjen Majelis Hukama, Dubes Indonesia untuk Mesir, Dubes Mesir untuk Indonesia, Dekan Fakultas Ushuluddin Al-Azhar, dan beberapa staf lain.

Pimpinan Pondok, KH. Hasan Abdullah Sahal mengungkapkan, bahwa perlu diketahui bahwa PM Darussalam Gontor memiliki ikatan prinsipil dengan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir dalam metode pembelajaran. Kiai Sahal juga berharap hubungan antara kedua lembaga ini akan terus berkesinambungan.

“Selama ini Al Azhar menjadi salah satu sintesa PM Darussalam Gontor, yang menggambarkan keluasan wakaf dan keabadiannya,” paparnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Forjim Belajar Menilisik Berita Sensitif Kasus Reynhard dari Wartawan BBC Indonesia

SM| Jakarta–Senin 6 Januari 2020 lalu, BBC News Indonesia menggemparkan jagat pemberitaan. Hari itu, situs …

Masjid Sebagai Pusat Pengasuhan Pembangunan Karakter Anak

SM| Bontang–Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar …

Translate »