Fasilitas Masjid Darussalam Palangka Raya akan Dimaksimalkan

SM| Palangka Raya–Di tahun 2020 ini, pengelola dan pengurus Masjid Besar Darussalam merencanakan sejumlah penyempurnaan dan pembangunan sejumlah fungsi dan kegunaan bangunan masjid, di antaranya adalah memfungsikan dua lift di menara besar masjid, membangun mini market di depan masjid, dan juga menyempurnakan aula pernikahan di samping Masjid Besar.

Hal ini disampaikan Ketua Pengurus Masjid Besar Darussalam, KH Khairil Anwar kepada RRI, Senin (6/1/2020), terkait agenda pengelolaan masjid di tahun 2020.

Sejumlah agenda dan rencana tersebut adalah mengoperasikan sarana dua lift di Menara Syiar sekaligus menara pandang Masjid Darussalam, agar nantinya menjadi obyek wisata religi bagi siapa saja.

Menara ini sebelumnya telah dilengkapi dengan lampu hias dan nantinya akan dilengkapi dengan dua lift canggih yang akan menghantarkan pengunjung sampai ke puncak menara dan menikmati pemandangan diatasnya.

Selain itu, pengurus juga akan melengkapi Masjid dengan Mini Market guna mendukung kegiatan ekonomi umat Islam minimal di Kota Palangka Raya. Nantinya akan dibangun sebidang mini market di depan masjid untuk memfasilitasi kegiatan perdagangan umat muslim.

Di samping itu, juga pengurus Masjid juga akan mewujudkan Masjid Besar Darussalam sebagai tempat ritual pernikahan bagi jemaahnya dengan menyempurnakan fasilitas gedung di samping Masjid Besar Darussalam.

“Nanti segala kepengurusan akad nikah dilakukan di dalam satu atap. Mulai dari pengesahan dari KUA hingga resepsinya,” jelasnya.

Dijelaskan Khairil, pengurus Masjid Besar Darussalam mengagendakan sejumlah pengembangan, penyempurnaan dan pembangunan sarana dan fungsi bangunan Masjid sesuai cita cita pendirian Masjid besar ini.

Cita cita tersebut yakni memberikan fasilitas bagi kegiatan dan aktivitas dakwah, keagamaan dan ibadah umat muslim di Kalimantan Tengah melalui Masjid Besar Darussalam. Tujuannya adalah membangun kebudayaan dan peradaban Islami sesuai tuntutan agama di Provinsi Kalimantan Tengah. [nk]

Sumber: RRI

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Kemenag: Penceramah Bersertifikat Tidak Wajib

SM| Jakarta–Kementerian Agama dalam waktu dekat akan menyelenggarakan program penceramah bersertifikat. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menegaskan, program …

Inilah Arahan Wapres kepada Menag Soal Dai Bersertifikat

SM | Jakarta–Staf Khusus Wakil Presiden Ma’ruf Amin Bidang Komunikasi dan Informasi, Masduki Baidlowi menjelaskan …

Translate »