Ekonomi Terpuruk Akibat Corona, UMKM Jadi Andalan

Oleh : Dinar Rahmayanti (Mahasiswi Perbankan Syariah STEI SEBI)

Virus covid-19 telah menjadi musibah internasional, termasuk diantaranya Indonesia. Hingga April 2020, angka pasien positif covid-19 terus bertambah. Hal ini seolah menjadi sinyal akan banyaknya dampak yang ditimbulkan pasca pandemi ini berakhir. Tidak hanya menjadi krisis kesehatan, pandemi ini dikhawatirkan menjadi awal dari krisis ekonomi.

Sektor ekonomi kian lesu, pelaku bisnis pariwisata, perhotelan, transfortasi begitupun UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) mengalami penurunan omset secara drastis, bahkan pemberhentian aktivitas total. Usaha mikro di Indonesia mencapai 63 juta unit, sedangkan usaha kecil menengah sebanyak 783.000 unit, dengan data tersebut UMKM dapat membuka lapangan kerja bagi sekitar 96,87% angkatan kerja di Indonesia.

Ditengah keterpurukan ekonomi nasional, bukan saatnya lagi untuk saling menyalahkan satu sama lain. Justru perlu kesadaran dari segala pihak termasuk masyarakat untuk turut serta, bahu membahu mempertahankan stabilitas ekonomi Indonesia. Kini saatnya semua pihak mengambil peran. Sekecil apapun untuk bersama menghadapi pandemi ini.

Melalui sektor UMKM, masyarakat dapat andil membantu pemerintah menghadapi situasi sulit. Saat ini, pemerintah tengah gencar memberitakan perhatian khusus pada UMKM. Mengingat, sektor ini telah terbukti tahan dari krisis. Misalnya pada krisis ekonomi tahun 1998, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional. UMKM menjadi sektor ekonomi yang terus beroperasi selama pandemi, berbeda dengan sektor ekonomi seperti perhotelan, pariwisata dan lainnya yang harus menunggu pandemi selesai untuk dapat kembali beroperasi.

Meskipun pendapatan para pelaku UMKM menurun, namun para pemiliknya tetap menjalankan aktivitas yang sekiranya dapat memperpanjang arus kas mereka. Para pelaku UMKM kini giat melakukan terobosan dan inovasi-inovasi baru demi keberlangsungan usahanya. Beberapa rumah produksi kini beralih memproduksi alat kesehatan seperti masker, APD, serta perlengkapan kesehatan lainnya. Dengan tujuan agar tetap memperoleh rupiah dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional, UMKM harus tetap didorong agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara nasional. Tentunya dengan tetap memperhatikan aturan social distancing. UMKM kini menjadi harapan dan tumpuan ekonomi Indonesia, untuk tetep menjaga stabilitas daya beli masyarakat agar neraca ekonomi lokal tetap berjalan dan pertumbuhan ekonomi naik meski dalam jumlah yang relatif kecil.

Beberapa pelaku usaha UMKM dapat membuat sistem operasional baru dalam bisnisnya, seperti menjalin kerjasama dengan suatu wilayah tertentu, melalui para aparatur desa untuk menjadi pemasok pangan warga selama dirumah saja. Selain memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan, juga menjadi sumber pendapatan bagi UMKM. Sementara untuk promosi, dimaksimalkan melalui sosial media.

Selain itu, dari sisi internal UMKM dapat melakukan beberapa perombakan menghadapi situasi pandemi ini dengan pengaturan ulang rencana anggaran dan memangkas biaya produksi yang tidak begitu penting. Tentu saja untuk menyeimbangkan antara pemasukan juga pengeluaran, sehingga keuangan tetap stabil.

Tidak cukup sampai disitu, peran serta pemerintah dan masyarakat amat dibutuhkan dalam prosesnya. Pemerintah diharapkan segera memberikan stimulus untuk membantu keberlangsungan UMKM. Misalnya dengan pemberian bantuan modal usaha. Mengingat sektor UMKM masih sulit memperoleh bantuan pinjaman modal dari Bank dikarenakan tidak memenuhi syarat 5C, yang menjadi persyaratan utama bagi bank dalam memberikan pinjaman.

Dari sisi masyarakat, agar mau membeli produk usaha kecil dan memberikan dukungan bagi para pelaku UMKM, mengingat sektor UMKM akan menjadi pahlawan yang akan membangkitkan kembali roda perekonomian. []

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Dampak Covid-19 Terhadap Dunia Bisnis Di Indonesia

Oleh: Laelatul Zannah, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Dalam perjalanan bisnis, pasti menghadapi kendala …

Pentingnya Berhusnuzan

Oleh Laelatul Zannah , Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Husnudzan adalah berbaik sangka terhadap …

Translate »