masjid at-taqwa sapta pesona

DMI Jatiasih Sosialisasi Program DMI di Masjid At-Taqwa Perumahan Sapta Pesona

SUARA MASJID | Bekasi–Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jatiasih menyelenggarakan kegiatan rutin bersilaturahmi ke masjid-masjid yang ada di wilayah Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi. Kali ini, DMI Jatiasih mensosialisasikan DMI di Masjid At-Taqwa Perumahan Sapta Pesona Jatiluhur Jatiasih.

Ketua DMI Jatiasih Ustadz Dimyati Uje di hadapan para jamaah dan pengurus DKM At-Taqwa menyampaikan seputar pentingnya memakmurkan masjid dengan tema ‘Makmurnya masjid dan mushola tanggung jawab siapa?’.

“DMI hadir sebagai ajang silaturahmi pengurus DKM masjid dan mushola dan sebagai pemersatu umat,” ungkapnya, Jumat (7/10/2022) malam.

Ustadz Uje juga menjelaskan terkait fungsi idarah, imaroh dan riayah dalam mengurus masjid. Di bidang idaroh, DMI melakukan pendataan sistem informasi masjid sehingga masjid-masjid yang ada di wilayah Jatiasih masuk dalam sistem.

“Masjid hendaknya mendaftarkan menjadi UPZ dalam pengumpulan zakat, dan ini merupakan cara resmi dari pemerintah melalui Baznas,” ungkapnya.

Sementara itu, bidang imaroh adalah DMI berupaya memakmurkan masjid melalui kegiatan keagamaan, terlebih lagi solat berjamaah dan majelis taklim bersama para DKM yang ada. “Ketika kita bisa membangun masjid maka selanjutnya tugas kita adalah memakmurkan masjid,” tegasnya.

Selanjutnya adalah bidang riayah, yakni pemeliharaan terhadap bangunan masjid baik yang ada di dalam dan luarnya, hal ini untuk meningkatkan kenyamanan para jamaah yang datang ke masjid. “Ketiga fungsi, idaroh, imaroh dan riayah jika bisa dilaksanakan dengan baik, maka masjid akan Makmur,” tuturnya.

Ustadz Uje juga menambahkan bahwa saat ini jumlah masjid yang ada di wilayah Jatiasih ada sebanyak 131 Masjid dan 211 Mushola yang berada di enam kelurahan. Kita bersyukur pandemi telah landai sehingga masjid bisa Dimakmurkan lagi.

“Dengan makmurnya masjid akan mengundang Rahmat Allah. Keberkahan dari langit dan bumi, insyallah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW Perumahan Sapta Pesona H Mohamad Aminudin berterima kasih atas kedatangan ketua DMI Jatiasih. Ia berharap, silaturahmi ini bisa memberikan nilai positif untuk makmurnya Masjid At-Taqwa ini. “Semoga ngaji bareng Bersama DMI ini bisa menambah wawasan kita semua,” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua DKM At-Taqwa PSP Ustadz Ujang Sobari mengatakan bahwa dirinya merupakan kepengurusan yang ke-9, sejak masjid didirikan pada tahun 1996 lalu.

Ustadz Ujang menjelaskan bahwa kepengurusan di masjid ini sudah tersistem, bahkan ketika ketua tidaka ada pun kegiatan bisa berjalan sendiri. “Masyarakat Perumahan Sapta Pesona sangat mendukung kegiatan masjid ini,” ujarnya.[fro]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

gus muhdhor ramaikan masjid

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Imbau Umat Islam Ramaikan Masjid

SUARA MASJID | Sidoarjo–Warga Desa Medalem Kecamatan Tulangan RT 3 RW 2 benar-benar bersyukur dengan …

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Translate »