Foto sumateratour

Danau Ranau nan Memukau

SUARA MASJID–Danau, kesan pertama kebanyakan orang tertuju pada Danau Toba. Ternyata pulau Sumatera memiliki danau yang cukup luas setelah Danau Toba, yaitu Danau Ranau yang ada di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan.

Danau ini terbentuk akibat gempa bumi dahsyat dan letusan gunung vulkanik. Aliran air yang mengalir di kaki gunung berubah menjadi jurang dan terbentuklah sebuah danau yang disebut Danau Ranau.

OKU Selatan terkenal dengan perbukitannya. Jadi, di sepanjang daerah OKU Selatan, kita akan disuguhi oleh bukit-bukit besar dan tinggi yang menjulang. Sensasi ketika dijalan pun akan semakin terasa karena ruas jalan yang berkelok-kelok, dengan ruas jalan yang terbagi antara bukit dan sungai.

Luas Danau Ranau adalah 125.9 km dengan kedalaman maksimum 200-an meter. Dan kini, sisa dari gunung berapi tersebut menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau. Selain dari keindahan danau yang ditawarkan, disini pula kita bisa menikmati pesona alam yang memukau mata.

Penamaan Danau Ranau, karena tumbuh berbagai tanaman dan semak belukar di tepi danau. Warga sekitar menyebut semak itu sebagai ranau, oleh karena itu danau itu diberi nama Danau Ranau yang kurang lebih berarti danau yang banyak semak belukarnya.

Danau ini memiliki air yang bersih dan jernih, anda bisa merasakan kebesaran ciptaan Allah ini dengan sajian pemandangan yang indah serta suasana udara yang sejuk, bahkan bisa dibilang dingin. Danau ini cocok sekali dikunjungi bersama keluarga untuk bersama mensyukuri ciptaan Allah berupa pemandangan alam.

Di danau ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas menyenangkan seperti memancing, berkeliling danau, berbelanja ikan segar langsung dari nelayan dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membakar ikan di pinggir danau sambil piknik bersama keluarga.

Jika Danau Toba memiliki Pulau Samosir di tengah-tengahnya, Danau Ranau memiliki Pulau Marisa. Di pulau ini terdapat sumber air panas yang sering dimanfaatkan oleh penduduk sekitar ataupun para wisatawan.

Untuk menyeberang ke pulau ini, pengunjung bisa menggunakan perahu nelayan. Biasanya pengunjung berendam air hangat di pemandian sulfur di Pulau Marisa ini. Di sini juga sudah disediakan kamar mandi bagi yang ingin membersihkan diri setelah puas berendam air panas.

Danau Ranau yang juga berada di  Liwa, Lampung Barat ini memiliki ombak yang landai. Karenanya ada banya perahu yang bisa disewa untuk menikmati lebih dekat danau ini. Pengunjung yang tidak suka berperahu bisa menghabiskan waktu dengan beristirahat di penginapan. Di tepi Danau Ranau terdapat beberapa penginapan, yakni Seminung Lumbok Resort, Kotabatu di Banding Agung, dan cottage PT Pusri di Sukamarga.

Di kawasan wisata itu juga terdapat obyek tambahan bagi pengunjung, yakni air panas  dengan kekhasan sendiri, karena mengalir langsung dari lubang-lubang di tebing. Air panas yang mengandung kadar belerang cukup tinggi ini terletak di Desa Air Panas di kaki Gunung Seminung. Lokasinya persis di seberang cottage milik PT Pusri di Sukamarga. Perjalanan dengan perahu motor dari Sukamarga ke lokasi air panas hanya sekitar 20 menit.

Selama perjalanan menuju kawasan air panas, terhampar pesona keindahan Danau Ranau. Airnya yang biru bening, dan pesona alam sekelilingnya yang bergunung-gunung, memberi kesan mendalam bagi pengunjung.

Air panas di tepian Danau Ranau mengucur langsung dari celah-celah kaki Gunung Seminung. Ketika kaki dicelupkan ke aliran air tersebut, rasa panas langsung menyengat. Pengunjung tidak sekadar mandi di air hangat. Air panas itu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Bagi pengunjung yang tidak mandi, bisa menikmati keindahan danau di sekitar air panas dengan duduk-duduk di warung atau dermaga. Sejumlah warung makanan terdapat di lokasi itu, berdampingan dengan kolam air panas. Di warung-warung inilah dijajakan hasil alam Gunung Seminung, terutama alpokat dan petai. Mau mencoba? [FR]

 

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Potensi Wisata Halal dalam Meningkatkan Ekonomi Islam

SUARAMASJID| Cirebon–Industri halal berkembang pesat di dunia. Bisnis yang berbasis pada sistem ekonomi Islam ini …

Bersama IITCF dan SAPUHI, Travel Muslim Bedah Destinasi Wisata Eropa

SUARAMASJID| Jakarta–Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) bekerjasama dengan Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) menyelenggarakan …

Translate »