Daarul Qur’an akan Gelar Daqu Award pada Milad ke-14

SUARAMASJID.com| Tangerang –Jelang Milad ke-14 tahun 2017, Daarul Qur’an (Daqu) akan menggelar Daqu Award ajang penghargaan bagi mereka yang komitmen dalam memuliakan Al-Qur’an. Di usia yang ke-14 ini, Daarul Qur’an akan terus menata diri menjadi lebih baik lagi. Demikian ujar Tarmizi Ashidiq, Ketua Daarul Qur’an.

“Kita memiliki mimpi untuk membumikan AI-Qur’an di jiwa masyarakat muslim di Indonesia dengan cara menghafalnya,” ujar Tarmizi dalam jumpa pers, Ahad (7/5/2017).

Tarmizi berharap Daarul Qur’an bisa menelurkan banyak inovasi dalam dakwah Al-Qur’an tidak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara.

Sejumlah kegiatan akan digelar dalam mengisi milad Daarul Qur’an ke-14 yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2017.  “Untuk internal kami membuat semacam kegiatan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia kami agar siap dalam menghadapi tantangan dakwah di era globalisasi ini,” papar Tarmizi.

Tarmizi menjelaskan, kegiatan ekstemal pada tahun ini untuk pertama kalinya Daarul Qur’an akan menggelar Daqu Award. Daqu Award merupakan bentuk apresiasi sekaligus penghargaan bagi tokoh-tokoh baik dalam dan luar negeri yang dinilai telah memberikan inspirasi bagi perkembangan Dakwah Al-Qur’an di Indonesia.

“Untuk tahun ini kita akan melaksanakan sesuatu yang berbeda. Kita menyadari banyak pelaku baik itu perorangan maupun lembaga yang ikut terlibat dalam kegiatan dakwah Al-Qur’an dan tidak terlihat publik,” ujar ustadz Muhaimin, selaku Ketua panitia Daqu Award.

Muhaimin menjelaskan ada berbagai kategori yang akan dipilih datam pelaksanaan Daqu Award yang terbagi dalam dua kategori besar yakni kategori personal dan kategori lembaga. Kategori personal meliputi tokoh Internasional, tokoh pengusaha, tokoh birokrat, tokoh penggerak, tokoh inovasi dan inspirator.

“Inovasi dan inspirator ini mereka yang berhasil menemukan metode mudah membaca atau menghafal Al Qur’an sekaligus menghasilkan kader-kader penghafal Al Qur’an.”

Sedangkan untuk lembaga akan diberikan penghargaan Daqu Award, meliputi lembaga pendidikan, rumah tahfizh, media dan pesantren. [fathur]

Sementara itu Pendiri pondok pesantren Daarul Qur’an, Ustadz Yusuf Mansyur menjelaskan, dirinya bermimpi akan mendirikan rumah tahfizh di 5 benua di dunia. “Bila tahun 2019 nanti konsentrasi banyak orang tertuju pada pemilihan presiden maka kita akan membunyikan sirine pembangunan 100 pesantren Daqu di Indonesia dan 5 benua,” ujarnya. [FR]

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Ikatan Khatib DMI Bagikan Alat Pengukur Suhu Tubuh ke Masjid

SM | Depok–Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) membagikan alat pengukur suhu tubuh ke masjid-masjid …

Gabungan Asosiasi Haji Minta Pertemuan Koordinasi dengan Kemenag

SM | Jakarta–Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) meminta Kementerian Agama (Kemenag) …

Translate »