BPN Jabar Gratiskan Sertifikasi Tanah Wakaf selama Ramadhan

JAKARTA (SM)–Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertahanan Nasional (BPN) Jawa Barat (Jabar) menggratiskan sertifikasi tanah wakaf bagi bangunan masjid dan mushala. Program pelayanan pengurusan dokumen pertanahan ini berlaku selama bulan Ramadhan 2016.

“Dua minggu lalu, Kanwil BPN Jabar bilang ke saya, akan memulai program sertifikasi tanah wakaf, khususnya untuk masjid dan mushala. Biayanya nol rupiah,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Ferry Mursyidan Baldan di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (3/5).

Ferry menambahkan Kanwil BPN Jabar akan memproses pengurusan sertifikat tanah wakaf masjid dan mushala yang sudah ada bangunannya. Nantinya, pengelola lahan wakaf masjid dan mushala bisa melakukan pengajuan ke Kanwil setempat.

Menurut Ferry seperti diunggah kompas.com (3/6), menggratiskan sertifikat rumah ibadah merupakan program lama. Berdasarkan catatan, sejak satu tahun lalu, BPN sudah melakukan program serupa dengan Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur.

Selain itu, Ferry melanjutkan, Kementerian juga bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan sejumlah pihak untuk sertifikasi rumah ibadah.

Sertifikasi tanah wakaf rumah ibadah ini perlu dilakukan agar tidak terjadi sengketa yang dikhawatirkan memicu konflik dan menghindari tindakan penggusuran.

“Kalau misalnya hak atas tanah untuk rumah-rumah ibadah saja mereka terancam, negeri ini seperti apa? Bayangkan orang punya masjid atau gereja, tiba-tiba digusur karena bukan tanahnya. Ya ini negeri apa?,” tandasnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »