BNI Syariah Siapkan Kartu Haji dan Umroh Indonesia

kartu bniJAKARTA-SM. Animo masyarakat Muslim Indonesia untuk beribadah umrah dan haji terus meningkat dari tahun ke tahun. Begitu tingginya minat itu, pemerintah pun akhirnya berhasil memperjuangkan tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu jamaah dari pemerintah kerajaan Arab Saudi, mulai musim haji 2016. Data Kementerian Agama (Kemenag) RI menunjukkan, pada musim haji 2015, jamaah haji reguler Indonesia mencapai 168.000 orang.

Mengiringi tingginya jumlah jamaah haji, jamaah umrah juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, umrah kini banyak dikemas dengan sejumlah destinasi tambahan. Merespons dinamika tingginya animo ibadah umrah dan haji dikaitkan dengan perubahan sikap mental jamaah, BNI Syariah pada awal Desember 2015 lalu menggelar forum kajian hasanah bertajuk “Umrah Hasanah Kita Berbuah”. Forum ini menghadirkan sejumlah pembicara dari kalangan pakar haji dan umrah, Kementerian Agama, sosiolog, pakar keuangan dan ekonomi syariah, serta jajaran Direksi BNI Syariah.

Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo yang menjadi salah satu narasumber menuturkan, setiap jamaah yang akan menunaikan haji maupun umrah selayaknya menjalani pre departure training. “Ini karena ibadah haji dan umrah tidak hanya sekadar self enjoyment atau jalan-jalan tanpa makna. Melainkan menjadi suatu bentuk ibadah yang memiliki esensi spiritual yang bermakna mendalam,” kata Imam. Pernyataannya itu dipertegas oleh Abdul Jamil, Dirjen Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kementrian Agama. “Ibadah haji dan umroh selayaknya dapat memberikan perubahan yang bisa berpengaruh terhadap lingkungan,” tegas Jamil.

Dari sudut pandang finansial, pakar keuangan dan ekonomi syariah Syafii Antonio menyampaikan, saat berada di Tanah Suci, sejatinya menjadi momen bagi setiap jamaah untuk melakukan evaluasi diri sambil mencatat hal-hal yang akan dilakukan dan diperbaiki saat kembali ke Tanah Air. “Lakukanlah self evaluation saat berada di depan Ka’bah di Mekkah. Lalu ketika pulang diingat kembali catatan yang ada saat di Tanah Suci itu,” tuturnya.

Pengalaman umroh yang membawa dampak finansial mengalir dari Ippho Santosa seorang motivator dan penulis buku Keajaiban Rezeki. Umroh telah mengubah dirinya secara finansial. “Namun jangan sampai niat umroh berbelok ke urusan finansial. Dengan niat yang tulus maka ibadah umrah akan berbuah (finansial) dalam kehidupan kita selanjutnya,” ungkapnya.

Dampingi Jamaah

Guna memberikan pengalaman menunaikan ibadah umroh dan haji yang benar-benar esensial, Bank BNI Syariah menyajikan layanan bagi jamaah yang tak sekadar bersifat pembiayaan. “Kami akan memberikan pendampingan bagi setiap jamaah umroh dan haji yang memanfaatkan jasa BNI Syariah,” tutur Direktur Utama BNI Syariah Dinno Indiano. Program pendampingan itu direncanakan mulai berlangsung pada musim haji dan umroh 2016. “Tentu melibatkan biro perjalanan haji dan umroh yang sudah bekerjasama dengan kami,” imbuh Dinno.

Melalui program baru ini, ia berhadap ibadah umroh dan haji dapat memberikan perubahan bagi jamaah yang menjalaninya maupun keluarga dan masyarakat. Setiap jamaah umroh dan haji yang menggunakan jasa BNI Syariah juga akan lebih fokus beribadah, karena memperoleh fasilitas Kartu Haji & Umrah BNI Syariah, yang membuat menjadikan ibadah haji dan umroh menjadi lebih terencana dengan baik. “Pendampingan oleh travel haji dan umrah yang hasanah serta kehadiran Kartu Haji & Umroh BNI Syariah, merupakan bentuk inovasi terus-menerus kami dalam memberikan layanan terbaik bagi calon jamaah haji dan umroh Indonesia,” urai Dinno.

Sejak diluncurkan BNI Syariah awal 2015, Kartu Haji & Umroh Indonesia telah diganjar penghargaan dari Mastercard Internasional sebagai “The Most Innovative Product in Shariah Market”, September lalu. Dan sebagai apresiasi kepada para calon jamaah umroh, BNI Syariah bekerja sama dengan NRA Tour & Travel, Patuna, Multazam Utama, Perdana, Attin Tour, Talbia, Aerohajj, Tima Wisata, dan Intan Tour & Travel, memberikan potongan harga Rp 1 juta untuk periode keberangkatan umrah bulan Desember 2015 – Maret 2016. [fathur]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

BWA Ajak Masyarakat Kembangkan EcoWakaf

Jakarta (SM) –Badan Wakaf Alquran (BWA) mempelopori inovasi wakaf dengan mengkampanyekan hakikat wakaf menggunakan kekuatan …

Kemenag Terbitkan Panduan Ibadah Ramadhan saat Wabah Covid

SM| Jakarta–Kementerian Agama RI pada Senin (6/4) menerbitkan edaran Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri …

Translate »