ahok

Mushola Balai Kota DKI Jakarta jadi Masjid Fatahillah

JAKARTA-SM. Masjid Fatahillah di Kompleks Balai Kota awalnya sebuah mushola kecil yang biasa dipakai shalat para pegawai Pemda DKI. Kini, Masjid Fatahillah berdiri kokoh dengan bangunan baru yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Masjid yang pembangunannya berlangsung selama 3 bulan ini mampu menampung 1.000 jamaah. Saat ini, Masjid Fatahillah sudah bisa digunakan warga, pegawai, maupun pejabat DKI sebagai tempat ibadah.

Pembangunan Masjid Fatahillah dimulai pada 18 September 2015. Anggaran masjid ini mencapai Rp 18, 8 miliar yang diambil dari APBD 2015.

Bangunan Masjid Fatahillah didominasi warna putih. Terdiri dari dua lantai dengan lantai 1 seluas 410 meter persegi dan lantai 2 seluas 594 meter persegi.

Masjid ini memiliki satu menara. Masjid itu dapat terlihat dengan jelas di antara dua bangunan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, terdapat tiang penyangga berlapis marmer berwarna cokelat muda dan jendela tinggi berornamen di lantai 2.

Susunan enam jendela tinggi itu berjejer itu terlihat menarik. Selain ditata secara apik juga membuat cahaya matahari bisa menembus langsung menerangi bagian dalam masjid.

Rencananya, Ahok akan mengundang Presiden Jokowi untuk meresmikan Masjid Fatahillah ini. Ia memperkirakan peresmian tersebut dilaksanakan tanggal 29 Januari mendatang.

“Masjid ini harus jadi monumen agar PNS DKI bisa mengingat tugas mereka di sini, yaitu melayani masyarakat. Masjid ini boleh dipakai untuk kegiatan yang bermanfaat, sharing dan caring-lah istilahnya,” papar Ahok. [FR-bbs]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Kini Setiap Ruangan Balaikota DKI Jakarta Terdengar Suara Adzan

SUARAMASJID| Jakarta–Para pegawai di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini dapat mendengar suara adzan di …

Masjid Cipaganti, Masjid Tertua di Kota Bandung

SUARAMASJID.com| Bandung–Ada banyak sosok di balik berdirinya Masjid Cipaganti, Jalan Cipaganti (sekarang Jalan RAA Wiranatakusumah). …

Translate »