Baitul Wakaf Launching Program Ramadhan Produktif

SM | Jakarta–Baitul Wakaf sebagai nazhir wakaf produktif dari Laznas BMH yang dibentuk Hidayatullah menggelar launching Program Ramadhan Produktif, Sebulan Pahala, Sejuta Manfaat bersama sejumlah media dan narasumber melalui meeting online, Rabu ( 22/04/2020).

Diangkatnya tema Ramadhan Produktif merupakan upaya untuk melakukan edukasi tentang wakaf produktif di bulan Ramadhan sekaligus mengajak umat islam tetap produktif dalam mengisi Ramadhan meski dalam kondisi ditengah ujian wabah yang melanda negeri.

“Ramadhan produktif merupakan program yang bertujuan memberikan manfaat yang seluas luasnya kepada masyarakat yang membutuhkan melalui pengelolaan wakaf ditengah kondisi pandemi wabah ini termasuk menjadi tantangan tersendiri bagi nazhir wakaf berperan,” ujar Direktur Baitul Wakaf Rama WIjaya.

Menurut Rama, meningkat serta cepatnya wabah Covid-19 menyebar membuat organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya sebagai pandemi global. Sehingga, dalam waktu singkat banyak yang terpapar virus, tertular bahkan meninggal dunia. Termasuk pemberlakuan social distancing dan PSBB telah diterapkan di sejumlah daerah.

“Kondisi wabah telah menggoyang stabilitas ekonomi. Yang paling merasakan dampaknya adalah golongan ekonomi lemah, miskin dan dhuafa. Maka, ini membuat Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagaimana saat ini kita tidak hanya beribadah ritual untuk diri sendiri tapi kami mengajak untuk meringankan beban sesama yang terdampak wabah agar juga bisa beribadah dengan tenang. Inilah essensi Ramadhan Produktif,” jelas Rama.

Acara yang berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB ini digelar melalui aplikasi zoom meeting dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Diantaranya Iwan Agustiawan Fuad selaku komisioner Badan Wakaf Indonesia, Ustad Asih Subagyo yang merupakan pembina Baitul Wakaf dan Rama Wijaya, Direktur Baitul Wakaf.

Pada even ini, Rama menyebutkan sejumlah even yang tengah dijalankan Baitul Wakaf dalam meningkatkan peran wakaf dalam berkontribusi dalam berbagai sektor. Diantara program Ramadhan produktif adalah pembangunan Rumah Sakit, Wakaf Sawah Produktif, Wakaf Minimarket, Wakaf Peternakan, hingga Wakaf Sosial Pendidikan.

Program yang telah berjalan akan dikolaborasikan dalam membantu penanganan dampak COVID 19, baik dari sektor pangan, pendidikan, kesehatan hingga ekonomi. Tentunya juga perlu dorongan dan kesadaran dari masyarakat luas dalam berwakaf agar manfaat yang diberikan bisa lebih besar kedepan.

Saat ini untuk berwakaf sudah sangat mudah dilakukan bisa dimana saja dan kapan saja. Maka semua bisa ambil peran. Saat kondisi makin sulit, maka diperlukan banyak orang baik membantu dan ambil bagian. Saatnya Ramadhan kita tahun ini Ramadhan Produktif membantu sesama. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Khutbah Hari Arafah akan Disiarkan dalam Lima Bahasa

SM | Makkah– Khutbah Hari Arafah akan disiarkan dalam lima bahasa, Inggris, Perancis, Indonesia, Urdu, …

Program Masjid Tangguh Semeru Resmi Dilaunching

SM | Surabaya- Program masjid tangguh semeru akan dilaunching hari Jumat (10/02/2020) . Program ini merupakan …

Translate »