Baca Al-Quran Pagi untuk CPNS Itjen Kemenag

JAKARTA, (SM)–Rangkaian peningkatkan kompetensi Calon Aparatur Sipil Negara Pegawai Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, Itjen mengadakan kegiatan membaca Al-Quran rutin, setiap hari yang dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan 08.00.

Inspektorat Jenderal Kementerian Agama merupakan Unit Eselon I Kementerian yang mengatur dan membawahi masalah keagamaan. Oleh karenanya secara tidak langsung para ASN nya, khususnya yang beragama Islam harus mampu membaca terlebih mendalami ajaran Al-Quran sebagai kitab suci agamanya.

Diadakannya kegiatan ini didasarkan dengan masih adanya pegawai Calon ASN yang ingin lebih menguasai bacaan Al-Quran namun tidak ada waktu yang pas untuk belajar, oleh sebab itu para Calon ASN mempunyai ide untuk belajar bersama dan hal ini diizinkan dan direstui oleh Subbagian Kepegawaian sebagai leading sector pembinaan Calon ASN.

Kegiatan ini para peserta dibagi atas beberapa kelompok yang diketuai oleh salah satu peserta sekaligus sebagai mentor sebaya. Para ketua kelompok mempunyai tanggung jawab untuk membantu peserta lain di kelompoknya sampai tartil atau pun mendekati tartil.

Inspektorat Jenderal mempunyai tiga peran utama sebagai Watch Dog, Katalisator, dan Konsultan. Hal ini tentunya bukan hanya pada unsur pengawasan tetapi juga untuk segala hal yang menyangkut Kementerian Agama.

Bukan mustahil pada suatu saat ketika bertugas di daerah para pegawai Inspektorat Jenderal diminta untuk menjadi Khotib, atau memberikan pencerahan terkait keagamaan. Diadakannya kegiatan ini diharapkan semua Calon ASN siap untuk ditugaskan di mana pun, bahkan menjadi seorang “mubaligh” saat ia bertugas. [FR]

 

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »