Asuransi Syariah untuk Imam Masjid

annuurJAKARTA-SM. Dewan Masjid Indonesia (DMI) menilai asuransi bagi imam masjid merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, DMI mendukung langkah ketua Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM), Ali Mustafa Yakub yang mengimbau masjid agung dan masjid raya seluruh Indonesia mengcover imamnya dengan asuransi syariah.

“Itu usul yang bagus. Sebaiknya terlaksana. Khususnya marbot masjid,” ujar Sekjen DMI Imam Addaruquthni sebagaimana dilansir Republika, Rabu (25/11).

Selama ini, tambahnya, imam masjid biasanya memperoleh honor saja. Namun belum ada asuransi kesehatan untuk imam masjid. Sehingga hal-hal yang bersifat penanganan kesehatan tidak cukup hanya dari honor saja. “Gagasan tersebut patut disambut dengan baik.”

Menurutnya, dalam realisasi program ini harus disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan dana dari masing-masing masjid. Ini dikarenakan pembiayaan asuransi imam berasal dari dana  jamaah yang sudah direlakan kepada masjid berupa infaq.

Ia melanjutkan, imam telah mengikatkan hatinya dengan masjid. Allah SWT menjamin imam dari sisi spiritualitasnya tetapi masjid juga harus memperhatikan secara lahir.

Menurutnya, masjid di Arab Saudi juga melakukan program sejenis asuransi untuk imamnya. Sehingga saat berobat terjamin atau dicover dan jika meninggal dunia keluarga akan mendapat santunan. [fathur-rol]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »