Akhir Ramadhan, Jamaah Masjid Al-Aqobah 1 Palembang Kian Banyak

PALEMBANG (SM)–Ramadhan kian berakhir, masjid-masjid biasanya semakin sepi. Namun berbeda dengan Masjid Al-Aqobah 1, kompleks Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan yang semakin diminati jamaah.

Imam Besar Masjid Al-Aqobah 1, Fajar Sani Nasution, mengakui, dibanding 20 hari pertama Ramadhan, pada 10 hari terakhir jamaahnya lebih banyak.

Peningkatan itu, kata dia, dikarenakan tingginya minat para jamaah untuk beriktikaf di Masjid Al-Aqobah 1 Pusri. Peserta iktikaf 10 hari terakhir Ramadhan berkisar 300-700 orang.

“Semakin ke ujung (Ramadhan), semakin ramai masjid,” jelasnya dikutip hidayatullah.com.

Sementara khusus setiap malam sepanjang Ramadhan, seperti tahun sebelumnya, total jamaah yang hadir di masjid itu sekitar 1.500 orang.

Apalagi, kata dia, saat malam 27 Ramadhan dan bertepatan malam libur kerja, terjadi puncak peningkatan jamaah.

“Dan insya Allah itu semua kita tanggung, dari buka (puasa)nya, sama sahurnya,” terangnya.

Menurut Fajar, Al-Aqobah 1 yang bisa menampung sekitar 2.500 jamaah ini termasuk masjid paling aktif kegiatan keislamannya di Palembang.

Terutama saat Ramadhan, masjid ini disemarakkan berbagai kegiatan. Seperti buka puasa bersama tiap hari, kajian agama tiap pekan, lomba-lomba terkait al-Qur’an, dan sebagainya.

Masjid Al-Aqobah 1 berada cukup jauh dari jalan raya. Untuk menuju ke sini, setelah melewati gerbang kompleks, jamaah dari luar perlu menempuh jarak sejauh sekitar setengah kilometer.

Meski demikian, menurut pengakuan Fajar, masjid ini sangat diminati oleh kaum Muslim Palembang sebagai tempat beribadah. Baik para karyawan Pusri, juga masyarakat umum.

“Fasilitas kita untuk masjid se-provinsi (Sumsel) bisa dikatakan termasuk paling lengkap,” aku dia. Jelang Ramadhan ini, masjid tersebut menambahkan jumlah bilik toiletnya.

Selain itu, masjid ini juga diramaikan dengan berbagai acara dengan narasumber bervariasi. Termasuk para tokoh Muslim serta dai berskala nasional.

Selama Ramadhan 1437 H, pihak masjid di antaranya mengundang Ustadz Fadlan Garamatan, KH Ahsin Sakho, Mohammad Fauzil Adhim, Hasanuddin Sinaga, dan Syatori Abdur Rauf. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »