Foto pontianak.web.id

Agenda Selama Ramadhan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak

PONTIANAK (SM)– Menyemarakkan Ramadan kali ini, Pengurus Masjid Raya Mujahidin telah menyusun sejumlah agenda berupa kajian, aktivitas keagamaan, hingga syiar Islam. Beberapa di antara agenda tersebut Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan oleh Remaja Masjid Mujahidin.

“Remaja Masjid Raya Mujahidin, ikut serta dalam pawai taaruf Ramadhan, yang diadakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak,” ujar Ketua Lembaga Dakwah Ibadah dan Kemasjidan (LDIK) Yayasan Mujahidin Kalimantan Barat, Ustaz Wasian Syafiuddin, Jumat (3/6).

Ia menjelaskan, setiap hari, akan ada kuliah subuh, selain itu, juga ada kuliah sepuluh menit antara isya dan tarawih. “Penceramah dan jadwalnya sudah ditetapkan,” jelasnya seperti diunggah tribunnews.com (5/6).

Perempuan Mujahidin, disebutnya juga akan adakan agenda Muhasabah Ramadhan, dilaksanakan pada 10-12 Juni 2016, pukul 08.00 – 11.30 setiap harinya. Agenda berupa kajian Quran tematik. Terbuka untuk umum, terutama ibu-ibu pengajian.

Ada pula agenda Peringatan Nuzulul Quran, yang dilaksanakan pada 17 Ramadan yang bertepatan 22 Juni 2016). Acaranya berupa ceramah khusus bertema keutamaan Al Quran untuk kehidupan kaum muslimin.

Acara ini, rencananya dilaksanakan antara sholat isya dan tarawih. “Rencanya mengundang Syeikh Ali Jaber. Tapi masih menunggu kepastian kesiapan dari beliau,” terangnya.

Juga ada agenda itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan. Dimulai dari 25 juni, hingga 04 Juli 2016. Agenda diisi malamnya dengan Shalat Malam (Qiyamullail-QL).

QL rencananya akan dipimpin oleh ustaz H Salman Alfarisi,imam tetap Masjid Raya Mujahidin, berturut-turut selama 10 malam terakhir. Dalam semalam, menyelesaikan satu juz Alquran.

Selain itu, Mujahidin juga mengumpulkan Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) serta fidiah bagi jamaahnya. Aktivitas ini dimulai pada Senin, 20 Juni, sampai 05 Juli 2016.

“Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan Ziswafnya melalui Yayasan Mujahidin, bisa langsung datang ke Mujahidin. Kami akan menerima dan menyalurkan,” sebutnya.

Sementara itu, Remaja Masjid Raya Mujahidin, juga menggelar berbagai agenda. Satu di antaranya lomba bagi pelajar tingkat SD hingga SMA di Pontianak.

“Bagi yang berminat bisa menghubungi sekretariat Remaja Mujahidin, di lantai dasar Masjid Raya Mujahidin,” katanya. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »