jakarta.go.id

38 Tahun Lalu, Masjid Istiqlal Diresmikan Presiden Soeharto

JAKARTA, SM-38 tahun lalu, Masjid Istiqlal untuk pertama kali diresmikan menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

Masjid yang didirikan oleh Presiden Soekarno ini menjadi proyek pembangunan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Soekarno menyematkan peletakan batu pertama pada 24 Agustus 1961. Masjid yang berada di jantung kota Jakarta itu diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.

Istiqlal hingga kini masih tercatat sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. Mengutip arsip  Kompas, masjid ini berdiri di atas lahan seluas 9,32 hektar. Kapasitasnya pun dapat menampung hingga 200.000 jamaah untuk melakukan ibadah shalat di dalamnya.

Masjid yang diarsiteki Friedrich Silaban ini merupakan perwujudan bermacam simbol. Dari nama misalnya, “Istiqlal” berasal dari kata dalam bahasa Arab yang berarti “merdeka”. Nama ini digunakan sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Letaknya yang berada di tengah kota juga menjadi simbol tersendiri. Simbol bahwa sebagai negara dengan mayoritas umat Islam, kemerdekaan tidak hanya harus diisi dengan pembangunan material, tapi juga pembangunan spiritual. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Khutbah Hari Arafah akan Disiarkan dalam Lima Bahasa

SM | Makkah– Khutbah Hari Arafah akan disiarkan dalam lima bahasa, Inggris, Perancis, Indonesia, Urdu, …

Program Masjid Tangguh Semeru Resmi Dilaunching

SM | Surabaya- Program masjid tangguh semeru akan dilaunching hari Jumat (10/02/2020) . Program ini merupakan …

Translate »