Home / Berita Umat / Ustazah Oki Ceramah di Tabligh Akbar di Papua

Ustazah Oki Ceramah di Tabligh Akbar di Papua

SM| Timika–Tabligh Akbar bersama Ustazah Oki Setiana Dewi yang digelar oleh Salimah Papua dan  komunitas One Day One Juz (ODOJ) Kabupaten Mimika berlangsung di Masjid Agung Babussalam, Jalan Kihajar Dewantara, Sabtu (12/10) mengangkat tema  ‘Hidup di bawah Naungan Al-quran di Bumi Amungsa’.

Pemeran film Ayat-ayat Cinta sekaligus penceramah tersebut dalam ceramahnya mengajak seluruh umat untuk selalu mengamalkan Al-quran sebagai pedoman dalam hidup.

Ia mengajak semua muslimah Mimika yang hadir dalam tabliq akbar agar setiap hari membaca Al-Quran. “Jangan sedih kalau ada yang dalam satu hari hanya satu ayat, belajar terus dan baca terus yang penting istiqomah karena dari satu ayat itu akan menjadi jadi satu hari satu juz,” katanya dalam ceramah.

Kakak kandung dari Youtuber Ria Ricis tersebut memang dikenal masyarakat sebagai penceramah yang tutur katanya mudah untuk diresapi dan di mengerti.

Ia juga mengajak untuk menjadikan Al-quran sebagai petunjuk hidup untuk selalu benar dalam menjalaninya.

Ustazah Oki kemudian memberikan contoh dalam penggunaan alat elektronik saja membutuhkan buku petunjuk agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar, lalu bagaimana dengan hidup manusia di dunia.

“Petunjuk sebaik-baiknya petunjuk hidup adalah Al-quranul Karim, itu merupakan mukjizat Rasulullah SAW, dan merupakan perkataan Allah SWT,” katanya seperti dalam rilisnya.

Sehingga jika mengaku pecinta Al-quran ada lima yang harus dilakukan dalam berinteraksi atau  membaca Al-quran.

Pertama, Al-quran dibaca setiap hari setiap saat dalam keramaian maupun kesendirian, dalam kesibukan maupun kelapangan, dalam keadaan sakit maupun sehat, siang maupun malam.

“Karena jika mengaku mencintai Al-quran tidak akan meninggalkannya walau dalam satu hari,” kata Ustazah.

Sehingga hadirnya one day one juz ini agar dalam keseharian tidak melupakan  Al-quran. “Dalam 24 jam dalam sehari luangkan satu jam hanya untuk membaca Al-Quran,” ucap Ustazah dengan senyum.

Barang siapa yang membaca Al-Quran dalam terbatah-batah dia mendapatkan dua pahala, dan barang siapa yang membaca Al-quran dengan lancar dan benar dia bisa bersama dengan malaikat yang mulia lagi taat.

Ustazah juga menyarankan untuk tanamkan dalam setiap keluarga ‘Qur’an time’ yaitu waktu khusus Al-quran yang mana tidak ada aktifitas lain selain membaca Al-Quran bersama keluarga, entah waktu selesai dhuhur, ashar, magrib ataupun waktu yang lain.

Ia kemudian menceritakan tentang bagaimana pentingnya Al-quran menjadi penerang di dunia maupun di akhirat.

Ada salah seorang anak penghafal Al-quran yang disuruh memilih antara orang tuanya ataukah hafalan Al-qurannya, jika memilih Al-quran maka terpaksa ia harus kehilangan ibunya.

“Namun apa yang terjadi anak itu lebih memilih hafalan Al-qurannya, dengan lantang ia menjawab, aku kehilangan ibuku itu hanya sementara saja, karena kekal di akhirat nanti hafalan Al-quranku akan menolong ibuku dan kita akan dipersatukan dalam syurgaNya Allah SWT,” cerita Ustazah Oki dengan nada haru.

Jika dalam hidup tidak pernah mengamalkan Al-quran, dan tidak pernah membaca Al-quran, hidupnya akan seperti di kuburan seperti ruang yang kosong dan hampa. Nauzubillah min dzalik.

Ketua panitia Tabligh Akbar dan sekaligus Ketua Salimah Papua, Fitriani Nadjib kepada awak media mengatakan, kegiatan ini selain untuk mempererat tali silaturahmi juga untuk menumbuhkan generasi pecinta Al-Qur’an.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengajak masyarakat Mimika untuk berhijrah kembali berpegang teguh pada Al-Qur’an dalam setiap aktivitasnya,” tutupnya.

Dalam Tabligh Akbar yang diikuti oleh ribuan jam’ah tersebut juga sekaligus dilakukan penggalangan dana untuk   Pengembangan Da’wah Alquran (DDA) akan disalurkan untuk 3 hal, yaitu Pengembangan Syiar Alquran, Support Pengajar Alquran, dan Support Rumah Alquran Dhuafa yang berhasil dikumpulkan Rp 420.000 juta.

Selain penggalangan dana, juga dilakukan pelantikan pengurus komunitas One Day One Juz (ODOJ) yang diketuai Leo Waldi oleh pengurus ODOJ Provinsi Papua.

Tabligh Akbar diakhiri pukul 11.35 WIT, dan acara dilanjutkan Gala Dinner di hotel Horison, Timika pukul 20.00 WIT. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Wahdah Hadirkan Aktivis Muslimah Palestina di Ummat Fest 2019

SM| Makassar— Sejak 50 tahun lalu, blokade Israel mengungkung kebebasan rakyat Palestina. Sejak itu pula …

Translate »