Home / Juru Dakwah / Ustadz Ismuji, Tantangan Dakwah di Daerah Pedalaman NTB

Ustadz Ismuji, Tantangan Dakwah di Daerah Pedalaman NTB

asmujiUstadz Ismuji, awalnya tak pernah bermimpi akan dapat motor untuk kegiatan dakwah di Baturotok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ismuji adalah salah satu dari 13 dai yang mendapatkan bantuan motor sumbangan para donatur yang mengamanahkannya melalui Persaudaraan Dai Nusantara (POSDAI).

“Terjun ke medan dakwah harus siap menerima pahitnya hidup dan jauh dari hiruk pikuk dunia ramai di luar sana,“ kata dai kelahiran Jawa Tengah sebagaimana dilansir situs posdai.com.

Ismuji memang senang melanglang buana dari satu majelis ke majelis taklim lainnya di NTB, Ismuji juga acap bertandang menemui umat yang akan dahaga dengan siraman rohani dan pengajaran Islam di bilangan Baturotok, Sumbawa.

Di Baturotok, tanpa bekal dan tempat yang pasti, lelaki kelahiran 1979 ini yakin dengan pertolongan Allah. Ismuji mendapat amanah berat, berdakwah di tengah-tengah masyarakat Baturotok yang jauh dari hingar bingarnya pusat kota Sumbawa.

Hadirnya motor sebagai tunggangan berdakwah, Ismuji mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan yang menurutnya akan meningkatkan mobilitasnya tersebut. “Dakwah memang tidak ada matinya,” tegas Ismuji.

Kehadiran Posdai di Sumbawa tepatnya di Desa Baturotok, Kecamatan Batulanteh, untuk merealisasikan program Posdai bertajuk “Motormu-Dakwahmu”, yang merupakan program bantuan operasional berupa motor untuk dai terpencil guna menunjang aktifitas dakwahnya.

Menurut Ustadz Ismuji yang juga pengurus Hidayatullah di wilayah Nusa Tenggara Barat, wilayah yang secara administratif masuk dalam Kecamatan Batulanteh ini merupakan sebuah daerah yang sangat menantang dengan medan yang berat, sehingga banyak dai yang tidak bertahan lama di daerah ini.

Sarana transportasi belum memadai, jalanan yang dilalui tidaklah semulus wilayah lain di Kabupaten Sumbawa.  Selain terjal, hampir seluruh jalan belum merasakan hangatnya dekapan aspal, sehingga untuk sarana operasional dai sangat dibutuhkan kendaraan tangguh untuk menaklukan yang medan. [fathur-posdai]

 

Komentar

About fathur roji

Penulis dan Pengelola Media Cetak & Online, Penulis Buku Biografi. Tim Suara Masjid siap menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Masjid untuk membangun website masjid menjadi lebih update, InsyaAllah. Hubungi saya di suaramasjidkita@gmail.com, terima kasih.

Check Also

Ustadz Bachtiar Natsir Bangga menjadi Guru Ngaji

Muslim Indonesia terbanyak di dunia, tapi masih banyak masyarakat yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan …