Home / Berita Umat / Ulama Hadis Bahas Pencegahan Radikalisme

Ulama Hadis Bahas Pencegahan Radikalisme

SM| Jember–Isu radikalisme dan terorisme menjadi sebuah topik yang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat. Seiring dengan maraknya kasus kasus yang terjadi seputar radikalisme yang berkembang saat ini dan melibatkan banyak pihak.

Acara seminar bertajuk ‘Internasional Pencegahan dan Penanggulangan Radikalisme dari sudut pandang para Ulama Ulama Hadist baik Klasik maupun Kontemporer’ berlangsung selama dua hari diadakan di Jember Jawa Timur pada 20-22 September 2019.

Ketua Panitia, Dr Ali Musri Semjan MA menyampaikan bahwa tujuan diadakannya seminar ini memang bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya radikalisme dari upaya dari sebagian orang atau kelompok yang ingin memaksakan kehendaknya atas dasar pemahaman agama yang tidak sesuai dengan kaidah yang ada.

“Para Ulama, ilmuwan dan para akademisi diharapkan dapat menunjukkan perannya dalam membantu pemerintah mencarikan solusi yang tepat dalam menghadapi persoalan bangsa, diantaranya masalah penanggulangan paham radikal di tengah masyarakat,” tutur Ustadz Ali.

Ustadz Ali akan membangun persepsi yang sama tentang pengertian Radikalisme dan upaya penanggulangannya. Termasuk pula membangun sinergi dan kemitraan secara nasional dan internasional dalam mengantisipasi gerakan radikalisme.

“Para ulama ahli hadist klasik dan kontemporer di acara seminar ini pula akan merumuskan dan berdiskusi tentang apa itu radikalisme dan upaya penanggulangannya,” ungkapnya di hadapan para wartawan.

Sehingga pada akhirnya seluruh hasil pertemuan dan seminar itu akan dibuatkan kesimpulan akhir serta dilakukan penyampaian informasi dan sosialisasinya ke masyarakat apa itu radikalisme dan upaya semua pihak terkait dalam menanggulangi secara bersama sama. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Ustazah Oki Ceramah di Tabligh Akbar di Papua

SM| Timika–Tabligh Akbar bersama Ustazah Oki Setiana Dewi yang digelar oleh Salimah Papua dan  komunitas …

Translate »