Home / Berita Umat / Setengah Abad Masjid Jogokariyan, Berdakwah Membangun Kampung
satuislam.com

Setengah Abad Masjid Jogokariyan, Berdakwah Membangun Kampung

YOGJAKARTA-SM. Setengah abad usia Masjid Jogokariyan. Beragam acara akan digelar di masjid ini. Tema pada Milad Masjid Jogokariyan tahun ini adalah “Berdakwah Membangun Kampung Indonesia”.

Bermula ketika September 1966, perjuangan para perintis dakwah di kampung Jogokariyan bergeliat. Awalnya Jogokariyan sebuah kampung komunis LEKRA (Lembaga Kebudayaan Rakyat) underbouw PKI, kini kampung ini nampak agamis dengan pengelolaan masjid yang sarat dengan kegiatan. Sehingga masjid ini kerap menjadi rujukan pembelajaran Manajemen Masjid.

Untuk mengawali rangkaian kegiatan Setengah Abad Masjid Jogokariyan, Ahad, 31 Januari 2016 lalu diselenggarakan Pembukaan dan Pengajian Akbar yang sedianya dihadiri oleh Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saefuddin, namun karena ada acara mendadak kemudian diwakilkan ke Dirjen Bimas Islam Prof. Mahasin.

Selain membuka rangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga September 2016, juga akan meresmikan Islamic Center Masjid Jogokariyan, Rumah Tahfizh Masjid Jogokariyan, serta menyaksikan penandatangan MoU antara Masjid Jogokariyan, Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Surabaya, dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam program pembangunan fasilitas air bersih.

Beberapa rangkaian acara juga akan diisi Walikota Jogja H.Haryadi Suyuti, Bupati Kulonprgo H. dr. Hasto Wardoyo dan juga pembina YDSF. Selain itu juga dimeriahkan oleh Haflah Tahfizh HAMAS (Himpunan Anak-anak Masjid Jogokariyan), Bregada Prajurit Jogokaryo, Komunitas Djamboel (D’Jamaah Masjid Bersepeda Onthel), Paguyuban Jemparingan Parto Jogokaryo, Drum Band SD Muhammadiyah Jogokariyan, dan Paduan Suara Jama’ah Masjid Jogokariyan.

Untuk memberikan wawasan wirausaha, panitia juga akan menggelar Talkshow Kewirausahaan bersama Valentino Dinsi (Ketua Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia) pada 7 Februari 2016 dan Tabligh Akbar bersama Ustadz KH Muhammad Arifin Ilham pada tanggal 14 Februari 2016.

Semoga rangkaian acara Setengah Abad Masjid Jogokariyan ini, kian menambah syi’ar masjid sebagai titik tolak kebangkitan peradaban Islam di Indonesia bahkan seluruh dunia. Masjid Jogokariyan berharap bisa berkontribusi positif dalam mempelopori dan bekerjasama dengan masjid-masjid lainnya untuk terus “Berdakwah Membangun Kampung Indonesia”. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

BNI Syariah Gelar Pelatihan Manajemen Optimalkan Fungsi Masjid

SM| Pekanbaru–Pelatihan managemen masjid berupa pengelolaan keuangan, organisasi, penyusunan program dan pengembangan usaha yang diinisiasi …

Translate »