Home / Profil Masjid / Masjid Raya / Serba Digital di Masjid Tuatunu Bangka Belitung

Serba Digital di Masjid Tuatunu Bangka Belitung

SUARA MASJID–Masjid Raya Tuatunu menjadi kebanggan masyarakat Bangka Belitung, pasalnya masjid ini merupakan masjid terbesar di Babel. Selain terkenal karena kemegahan dan keindahan bangunannya, masjid ini juga didaulat sebagai masjid digital pertama di Provinsi Bangka Belitung.

Masjid digital, ya begitulah yang layak disematkan untuk masjid yang sarat dengan perangkat digital ini. Berbagai fasilitas digital tersedia di sana, mulai dari internet kabel serta nirkabel (hotspot), beberapa perangkat komputer dan laptop sebagai penunjang kegiatan, hingga bedug digital.

Saat diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara periode 2004-2009, Taufiq Effendi, juga dilaksanakan deklarasi komunitas Cyber Mosque Generation Club yang merupakan awal digunakannya teknologi digital oleh komunitas santri, pesantren, dan masyarakat etnis asli Bangka Belitung.

Masjid yang dibangun dari dana hasil penukaran tanah masyarakat Tuatunu dengan Pemda Pangkal Pinang tersebut memadukan arsitektur modern dan tradisional. Hal ini terlihat dari bentuk kubah yang futuristik dengan tampilan setengah lingkaran berpola pipih namun dipadukan dengan atap berbentuk limas yang menaungi pintu masuk masjid.

Dominasi warna putih di bagian dalam masjid melambangkan kesucian. Warna yang dihasilkan dari keramik lantai dan dinding tersebut membuat masjid terasa sangat bersih dan nyaman.

Tepat di bagian belakang mimbar terdapat kaca patri hias beraneka warna bertuliskan lafaz Allah Swt. dan Muhammad Saw., menciptakan visual yang cukup dramatis dalam ceramah- ceramah keagamaan.

Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini diharapkan menjadi pusat studi Islam dan kegiatan-kegiatan lain yang bernuasa Islam. Apalagi posisi masjid tak jauh dari Universitas Bangka Belitung (UBB), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Tampuk Pinang Pura (TPP).

Masjid Raya Tuatunu memang dipersiapkan oleh pemerintah setempat dengan dukungan warga sebagai wahana wisata religi bagi para pendatang. Masjid ini diharapkan menjadi landmark kebanggaan Provinsi Bangka Belitung. [FR]

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

JK Apresiasi Tampilan Masjid Baiturrahman yang Baru

SUARAMASJID.com| Aceh–Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi wajah baru Masjid Raya Baiturrahman di Provinsi Aceh yang …

Translate »