Home / Berita Umat / Saudi Persiapkan Kedatangan Calhaj dari Jalur Laut

Saudi Persiapkan Kedatangan Calhaj dari Jalur Laut

SM| Jeddah– Selain melalui jalur udara dan darat, otoritas penyelenggara haji Arab Saudi tengah mempersiapkan kedatangan calon jamaah haji (Calhaj) yang datang dari jalur laut. Beberapa telah disiapkan termasuk pelabuhan.

Otoritas Pelabuhan Saudi telah menyiapkan rencana operasional komprehensif untuk menerima Calhaj yang datang melalui Pelabuhan Islam Jeddah selama musim haji tahun ini.

Menurut laporan Arabnews, Selasa (16/7) Pelabuhan Islam Jeddah akan mulai menerima para Calhaj pada tanggal 17 Juli hingga 6 Agustus. Sekitar 22.000 diperkirakan akan menggunakannya, meningkat 16.000 tahun lalu.

Otoritas bekerja sama dengan berbagai sektor dan lembaga pemerintah, berupaya memastikan kenyamanan para Calhaj, dan memfasilitasi kinerja haji dari saat mereka tiba sampai mereka kembali.

Terminal pelabuhan juga telah dilengkapi dengan daya tampung lebih dari 800 orang per jam. Ini terdiri dari lima lounge, tiga untuk kedatangan dan dua untuk keberangkatan.

Semua lounge dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan yang diperlukan untuk melayani para Calhaj, membantu mereka menyelesaikan prosedur masuk dan keluar.

Peralatan operasional mencakup 14 perangkat canggih untuk mencari dan mengangkut bagasi, 700 troli bagasi, dan 28 bus baru.

Lebih dari 266 personel akan melayani para Calhaj di pelabuhan selama musim haji tahun ini, termasuk pilot maritim, kapten kapal, pengawas teknis dan operasional, tim keamanan, dan staf yang bertanggung jawab untuk operasi di stasiun serta manajemen urusan teknis.

Pelabuhan Komersial Yanbu juga memiliki terminal untuk menerima Calhaj yang baru-baru ini diperluas dari 3.600 meter persegi ke 7.200 meter persegi, dengan kapasitas yang meningkat dari 1.000 penumpang menjadi 2.800.

Pelabuhan tersebut juga telah dilengkapi dengan empat pemindai bagasi sinar-X baru dan sistem kesehatan terintegrasi yang mencakup farmasi dan klinik medis.

Sementara itu, Pelabuhan Daba telah mulai menerima pekerja musiman untuk melayani para Calhaj dan diharapkan dapat menerima 40.000 Calhaj pada musim haji tahun ini. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

2.860 Masjid di Jaksel Telah Gelar Jakarta Maghrib Mengaji

SM| Jakarta–Program Jakarta Maghrib Mengaji di wilayah Jakarta Selatan terus ditingkatkan karena banyak respon positif …

Translate »