Home / Berita Umat / PMI Tuntaskan Pembangunan 5 Sekolah dan 3 Masjid di NTB

PMI Tuntaskan Pembangunan 5 Sekolah dan 3 Masjid di NTB

SM| Lombok–Palang Merah Indonesia (PMI) baru saja menuntaskan pembangunan sekolah dan tempat ibadah yang direhabilitasi atas bantuan lembaga tersebut. Peresmian ini dilakukan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI.

Ada lima sekolah yang direhabilitasi atas bantuan PMI. Masing-masing SDN 2 Gumantar dan 1 Dangiang di Lombok Utara, Mts Nahdatul Wathan dan SDI Obel-Obel Lombok Timur, serta SDI Asyababiyah Lombok Barat.

Sementara, tiga masjid berada di Lombok Timur, Utara, dan tengah. ’’Bantuan sekolah ini dibangun dengan bahan ringan sehingga ramah gempa,’’ terang JK, Sabtu (3/8). Menurut JK, rehabilitasi sekolah merupakan salah satu prioritas PMI di daerah terdampak bencana.

Selain itu, lanjut mantan Menko Kesra itu, bantuan lain seperti layanan kesehatan ataupun air bersih juga diberikan sesuai kebutuhan. ’’Karena bagi kita, semua (fasilitas) pendidikan generasi muda harus cepat kita rehabilitasi,’’ lanjut JK.

Terkait adanya peresmian fasilitas ini, Gubernur NTB Zulkifliemansyah menjelaskan, proses pemulihan dan rehabilitasi pascagempa di NTB sudah hampir rampung. ’’Progresnya sudah 80 persen,’’ terangnya usai mendampingi JK dilansir jawapos.com.

Zulkifli menjelaskan, memang sempat ada beberapa kendala di lapangan, namun bisa terselesaikan setelah ada verifikasi ulang. Khusus untuk bangunan fasilitas umum, seperti sekolah dan tempat ibadah, operasionalnya akan dikembalikan seperti semula.

’’Yang sekolah negeri nanti kembali jadi sekolah negeri,’’ tambahnya. Pihaknya menjanjikan upaya maksimal untuk memuluskan program rehabilitasi yang dilakukan pemerintah pusat di NTB. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Menag Optimis Jamaah Haji 2020 Mencapai 231 Ribu

SM| Jakarta–Menteri Agama Fachrul Razi optimis Pemerintah Arab Saudi akan menambah kuota haji Indonesia tahun …

Translate »