Home / Berita Umat / PBNU akan Gelar Rakor Bahas Rukyatul Hilal

PBNU akan Gelar Rakor Bahas Rukyatul Hilal

SUARAMASJID| Jakarta–Wakil Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sirri Wafa mengatakan sedang menyiapkan rencana pemantauan hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1439 Hijriyah atau 2018 Masehi. Menurut dia, untuk melakukan rukyatul hilal, tim PBNU akan melakukan rapat koordinasi di Bandung pada 12 Mei mendatang.

“Persiapan penentuan awal Ramadhan ada pertemuan lengkap. Tapi sampai sekarang belum pasti. Rencannya tanggal 12 kalau nggak salah,” ujarnya sepeti dilansir Republika.co.id, Selasa (8/5).

Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya tim akan melakukan pemantauan hilal di seluruh Indonesia untuk memastikan awal puasa Ramadhan. Pada tahun lalu, setidaknya ada 90 titik yang menjadi tempat rukyatul hilal PBNU, diantaranya di Sumenep, Pulau Bawean, dan Situbondo.

Hasil dari pemantaun hilal tersebut akan dibawa langsung ke sidang itsbat yang digelar Kementerian Agama pada 15 Mei mendatang. “Banyak sekali titiknya. Di Jawa aja banyak sekali. Nanti di Sumatra, di Indonesia Timur seperti di Sulawesi juga ada. Tidak jauh beda dengan tahun lalu. Dan kita sudah punya jaringannya, tinggal menjalankan saja,” ucapnya.

Dia berharap, puluhan ormas yang mengikuti sidang itsbat nantinya dapat menghasilkan keputusan yang sama tentang penetapan awal Ramadhan. Namun, dia yakin tidak akan ada perbedaan untuk tahun ini. Dia menambahkan, jika pun ada kelompok-kelompok kecil yang melaksanakan ibadah puasa sebelum 17 Mei mendatang, dia mengimbau tidak dibesar-besarkan. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

Usamah Hisyam, Dai Jurnalis yang Lantang Berdakwah ke Penguasa

SUARAMASJID| Peci hitam menjadi khas lelaki paruh baya ini, gaya bahasa yang lantang dalam menyuarakan …

Translate »