Home / Berita Umat / MIUMI: Muslim di Indonesia Sangat Toleran

MIUMI: Muslim di Indonesia Sangat Toleran

SUARAMASJID.com| Jakarta–Ketua Umum Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Hamid Fahmy Zarkasyi, menyangkal Indonesia sebagai negara yang intoleran. Baginya, Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam menjamin adanya perlakuan toleransi antarumat beragama. Beda halnya dengan negara mayoritas non-Muslim yang dianggapnya zero tolerance.

“Di negara-negara yang mayoritas non-Islam, toleransi itu menurut saya zero-tolerance,”  kata Hamid di Jakarta, Jumat (20/1).

“Di negara yang mayoritas (penduduknya) Islam, 100 persen toleran. Tidak ada yang mendiskreditkan pemeluk agama lain. Mereka dihormati dan ditempatkan pada tempatnya,” tambahnya.

Putra pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tersebut mencontohkan bagaimana India dan Thailand, negara dengan mayoritas non-Muslim, tidak memberikan kesempatan seluruh warganya, terkhusus yang beragama Islam, menduduki jabatan pemerintahan.

“Bahkan di India, tidak ada orang Islam bisa bermimpi jadi gubernur. Di Thailand, tidak ada orang Islam bermimpi bisa menjadi Perdana Menteri,” paparnya dilansir gontornews.com.

Sebaliknya, di Indonesia setiap orang berhak menduduki jabatan-jabatan pemerintahan. Ironisnya, ketika umat Islam menuntut haknya, mereka justru dituduh sebagai intoleran.

“Tapi di Indonesia, orang sudah merasa kami berhak (menjadi pejabat). (Sebetulnya) itu kan tidak toleran. Perlakuan terhadap negara-negara minoritas Muslim dibanding dengan Islam sebagai mayoritas berbanding terbalik,” keluhnya.

Salah satu masalah yang dialami umat Islam di Indonesia adalah kehilangan identitas keislaman. Menurut Hamid mempertahankan identitas keislaman adalah hak asasi seorang Muslim. Dengan memahami ajaran Islam secara menyeluruh, maka kita akan menyadari Islam adalah agama yang toleran.

“Sekarang, kalau ada yang bertanya apakah mempertahankan identitas itu akan menjadikan Anda intoleran, maka dengan menjalankan ajaran Islam dan memahami agama Islam dengan sebaik-baiknya, Anda akan taHu kalau Islam adalah agama yang sangat toleran,” pungkasnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

BNI Syariah Gelar Pelatihan Manajemen Optimalkan Fungsi Masjid

SM| Pekanbaru–Pelatihan managemen masjid berupa pengelolaan keuangan, organisasi, penyusunan program dan pengembangan usaha yang diinisiasi …

Translate »