Foto Danil

Menag: Konferensi WZF Harus Bangkitkan Zakat di Indonesia

SUARAMASJID.com| Jakarta–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap melalui Konferensi World Zakat Forum (WZF) ini melahirkan pemikiran-pemikiran keilmuan baru, terkait dengan fikih zakat kontemporer.

“Perlu ada terobosan ijtihad atau pemikiran hukum Islam supaya dana zakat lebih dirasakan manfaat dan maslahatnya bagi kalangan masyarakat luas dalam koridor yang dapat dibenarkan dalam prinsip-prinsip syariah,” ujar Menag saat membuka resmi Konferensi World Zakat Forum (WZF) di Jakarta, Rabu (15/3).

Dikatakan Menag, pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama sebagai pemegang otoritas kebijakan makro perzakatan menaruh ekspektasi besar kepada organisasi pengelola zakat dan para pegiat zakat dunia untuk terus menggulirkan agenda-agenda kerjasama perzakatan antar-bangsa dan memaksimalkan manfaat zakat untuk tujuan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah telah mengakomodasi potensi dan peran zakat dan wakaf dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hal itu sekaligus menjadi tantangan bagi semua pemangku kepentingan perzakatan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan zakat yang memberi manfaat maksimal untuk menunjang kesejahteraan bangsa dan pengurangan kemiskinan,”kata Menag.

Selain itu, lanjut Menag, pemerintah menyambut baik disusunnya konsep Zakat Core Principles (ZCP) sejak tiga tahun lalu yang difasilitasi oleh Bank Indonesia dan melibatkan partisipasi pegiat zakat dari manca negara. Pemerintah juga mengapresiasi diluncurkannya Indeks Zakat Nasional (IZN) oleh BAZNAS. Tahun ini juga akan lahir Standarisasi Kepatuhan Syariah (Shariah Compliance) dalam Sistem Pengelolaan Zakat Nasional yang merupakan inovasi atau proyek perubahan dari Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf.

“Saya ingin menggaris-bawahi bahwa semua instrumen tersebut merupakan milestone untuk mendorong kebangkitan zakat dan meningkatkan kepercayaan publik kepada organisasi pengelola zakat,” ucapnya.

Di sisi lain, Menag mengatakan, agenda penguatan perzakatan lintas negara yang diusung oleh World Zakat Forum, BAZNAS, Forum Zakat, dan berbagai elemen pegiat zakat lainnya, diharapkan memberi daya ungkit terhadap kualitas dan profesionalitas pengelolaan zakat. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

WMI Edukasi Driver Ojol untuk Cegah Covid-19

SM | JAKARTA – Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye …

Fatwa MUI Terkait Shalat bagi Perawat Covid-19

SM| Jakarta–Setelah melalui pembahasan mendalam selama tiga hari berturut-turut, Komisi Fatwa MUI Pusat pada Kamis …

Translate »