Home / Berita Umat / Masjid Sulejmanija yang Selamat dari Pemusnahan Massal Bosnia

Masjid Sulejmanija yang Selamat dari Pemusnahan Massal Bosnia

SM| Travnik–Dalam perayaan nasional pada 13 April 2019 lalu, Bosnia telah membuka Masjid Sulejmanija yang bersejarah, alias ‘Masjid Hias’, di kota Travnik, di jantung negara Muslim Eropa tenggara.

“Di hadapan sejumlah besar umat Islam dan perwakilan kehidupan keagamaan dan politik di Bosnia, Masjid Sulejmanija yang dipugar kembali dibuka,” kata koresponden Anadolu Agency (AA).

Rumah ibadah bersejarah itu dianggap sebagai salah satu landmark paling penting di ‘Kota Veziers’ karena julukannya. Masjid cantik itu ditandai dengan dekorasi penuh warna, fasad fresco dan ornamen Islam gaya arsitektur Ottoman.

Hebatnya, masjid Sulejmanija Travnik adalah satu-satunya masjid di Bosnia dengan menara yang menjulang dari sisi kiri bangunan. Struktur saat ini tanggal kembali ke 1757, meskipun sebagian besar dibangun kembali setelah kebakaran besar pada tahun 1815.

Warna-warna masjid telah memudar tetapi bangunannya tetap terkenal karena bazaar mini bezistan yang dibangun ke dalam arcade batu yang melengkung. Faktanya, ada masjid di titik pusat Travnik sejak abad ke-16, jauh lebih awal sebelum struktur yang diperbarui saat ini.

Masjid yang Melarikan Diri dari Kehancuran

Ajaibnya, Masjid Sulejmanija Travnik selamat dari pemusnahan massal arsitektur dan budaya yang dilakukan terhadap masjid-masjid dan landmark-landmark Bosnia selama Perang Kemerdekaan Bosnia antara tahun 1992 dan 1995.

Padahal, banyak bangunan yang rusak atau hancur total, dengan 80% dari 4.000 lebih bangunan dan masjid Islam sebelum perang.

Dilansir About Islam, menurut UNESCO dan ‘Komisi untuk Melestarikan Monumen Nasional Bosnia’, umat Muslim di Balkan kehilangan sebagian besar rumah ibadah serta landmark karena penghancuran massal.

Sejak kemerdekaan pada tahun 1992, Bosnia telah menjadi salah satu negara yang paling sering dikunjungi di wilayah Balkan, diproyeksikan memiliki tingkat pertumbuhan pariwisata tertinggi ketiga di dunia hingga 2020.

Menurut sensus 2013, Islam adalah agama mayoritas di Bosnia, yang merupakan 51% dari populasi. Ada delapan mufti yang tinggal di kota-kota besar seperti Sarajevo, Bihać, Travnik, Tuzla, Goražde, Zenica, Mostar, dan Banja Luka.

Travnik sendiri adalah sebuah kota di Bosnia tengah di 90 km barat ibu kota Sarajevo. Pada 2013, ia memiliki populasi 16.534 jiwa, sementara kotamadya memiliki 53.482 jiwa.

Secara historis, Travnik adalah ibu kota Bosnia dari tahun 1699 hingga 1850 dan memiliki warisan budaya yang kaya sejak periode itu. [fr]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Pernyataan Rabithah Alawiyah Terkait Pemilu 2019

SM| Jakarta–Organisasi Islam habaib se-Indonesia, Rabithah Alawiyah, mengeluarkan pernyataan resmi terkait Pemilu 2019. Ketua Umum …

Translate »