Home / Berita Umat / Masjid Gontor dari Masa ke Masa

Masjid Gontor dari Masa ke Masa

Kabar gembira datang untuk keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Dengan rahmat, taufik dan izin Allah, Wakil Presiden Republik Indonesia Drs H Muhammad Jusuf Kalla (Wapres JK) pada hari ini Kamis (3/10 2019) berkenan kembali mengunjungi Gontor untuk yang kesekian kalinya.

Wapres JK dalam kunjungannya ke Gontor kali ini ditemani Menkominfo Rudiantara dan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa untuk meresmikan Menara Baru Masjid Jami’ Pondok Modern Darussalam Gontor dan Gedung Pusat Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Bersama jajaran menterinya dan Gubernur Jawa Timur, Wapres JK menghadiri pertemuan di Balai Pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor. Usai pertemuan tersebut, dengan didampingi pimpinan pondok beserta jajarannya, Wapres JK meresmikan menara baru Masjid Jami’ Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang ditandai dengan ditekannya tombol peresmian serta penandatanganan prasasti peresmian menara tersebut.

Masjid Gontor Dari Masa Ke Masa

Dalam sejarahnya, sebelum membangun Masjid Jami’ baru, PMDG sudah memiliki masjid lama (Masjid Pusaka) yang lokasinya tepat berada di depan kantor Pimpinan PMDG saat ini. Seiring berjalannya waktu, Masjid Pusaka ini tidak bisa menampung para santri yang semakin lama semakin banyak jumlahnya.

Meskipun upaya untuk meluaskan Masjid Pusaka ini sudah sering dilakukan, tetap saja belum mampu menampung jumlah santri yang terus meningkat. Setelah melalui perencanaan dan penghitungan yang panjang akhirnya pada tahun 1967, selepas Peringatan Lima Windu PMDG diadakan sidang Panitia Pembangunan Masjid yang juga dihadiri oleh ketiga Trimurti PMDG.

Tepat pada 16 Desember 1970 dimulailah penggalian pondasi di atas area seluas 1960 m2 dan mulai dibangun pada tahun 1969. Bersamaan dengan acara Kesyukuran Setengah Abad PMDG Masjid Jami’ PMDG beserta menaranya diresmikan oleh Presiden kedua Republik Indonesia, HM Soeharto pada 4 Maret 1978.

Setelah sekian puluh tahun lamanya upaya untuk memperbaiki menara masjid dengan desain baru akhirnya bisa dilaksanakan. Tepat pada Senin, 19 September 2016 sejak peletakan batu pertama oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menara baru masjid Gontor mulai dibangun dan selesai pada 28 Februari 2019 dengan biaya mencapai 15,5 miliar rupiah.

Menara baru ini dirancang dua kali lipat lebih tinggi dari menara sebelumnya. Menara lama yang mulai dibangun pada tahun 1977 itu hanya setinggi 45 meter. Sedangkan menara baru ini pada awalnya ketinggian menara direncanakan mencapai 90 meter, namun dalam realisasinya tinggi menara yang bisa dibangun hanya 82 meter.

Menara baru ini dilengkapi bangunan dasar berlantai tiga seluas 11 x 11 meter persegi. Lantai pertama diproyeksikan untuk kantor Gontor TV, lantai kedua digunakan untuk Radio Suara Gontor FM, sedangkan lantai ketiga difungsikan sebagai ruang Humas PMDG. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Usai Dampingi Pengungsi di Wamena, WMI Bertolak ke Ambon

SM| Jayapura–Usai mendampingi kepulangan 1500 Pengungsi Wamena dari Jayapura pada jumat (11/10/2019), Tim Kemanusiaan Wahana …

Translate »