Home / Juru Dakwah / Kapolres Muhammad Khutbah dari Masjid ke Masjid di Sumbawa

Kapolres Muhammad Khutbah dari Masjid ke Masjid di Sumbawa

SUMBAW (SM)—Tak biasa tapi luar biasa, demikian aktifitas sosok Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK yang setiap kali shalat Jum’at dia menjadi khotib dari masjid ke masjid di wilayah tugasnya.

Berbekal ilmu agama yang cukup dan ketaatan beribadah yang baik, mantan Kasat PJR Polda NTB ini menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang dikaitkan dengan pesan agama setiap menyampaikan khotbahnya dengan rasa yang khas.

Kabupaten Sumbawa dikenal dengan penduduk mayoritas muslim yang taat merupakan tantangan tersendiri bagi sang Kapolres, karena menjadi khotib saat solat Jum’at sangatlah berbeda dengan memberi ceramah atau sambutan dalam acara biasa maupun formal lainnya karena harus memenuhi syarat-syarat tertentu dan harus diakui juga oleh masyarakat.

Seperti diunggak kicknews.today, Jum’at (10/6), mengenai aktifitasnya yang terbilang langka dilakukan oleh polisi apalagi setingkat kapolres ini, dia mengaku berkewajiban melakukan hal ini lantaran awalnya diminta oleh masyarakat setempat menjadi khotib di masjid dekat dengan dengan kantornya.

Masyarakat setempat sangat antusias menelaah khutbah-khutbah darinya karena dengan gayanya yang khas dan juga ketika khutbah, dirinya selalu menggunakan pakaian seragam polisi sehingga masyarakat tentu melihat ada sesuatu yang berbeda dan menarik dari khutbah Jum’at tersebut.

“Ini merupakan kesempatan saya menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga tanpa harus mengundang atau meminta warga mendengarkan ceramah saya yang bisa saja membosankan” ujar Muhammad sembari menebar senyum dari bibirnya.

Dia mengatakan, saat ini setiap hari jum’at, dirinya menjadwalkan diri untuk menjadi khotib dari masjid ke masjid di wilayah Sumbawa. Bahkan kini, karena dirinya sudah dikenal mampu berkhutbah, tak jarang ada warga ataupun pengurus masjid datang ke kantor Polres Sumbawa untuk mengundangnya menjadi khotib Jum’at.

“Alhamdulillah, masih dipercaya oleh warga dan saya dapat memberi manfaat lebih kepada umat,” pungkasnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

Ustadz al-Habsyi Dakwah dengan DUIT

Dakwah telah menjadi jalan hidup bagi Habib Ahmad al-Habsyi sejak kecil. Kemampuan ini diperolehnya dengan …