Home / Berita Umat / Jokowi Resmikan Masjid Nurul Bilad di Mandalika Lombok

Jokowi Resmikan Masjid Nurul Bilad di Mandalika Lombok

SUARAMASJID| Lombok| Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Nurul Bilad di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Jumat 20 Oktober 2017.‎ Peresmian masjid termodern di salah satu kawasan wisata terbaik di tanah air ini ditandai dengan penandatanganan prasasti.

‎Turut hadir dan menyaksikan prosesi peresmian tersebut, antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC) Abdulbar M. Mansoer.

‎Pembangunan masjid yang dibangun dengan dana sebesar Rp 41 miliar tersebut dilaksanakan oleh entitas anak WIKA, yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung) dalam kurun waktu 308 hari kerja, sejak 4 Januari 2017.

Direktur Human Capital dan Pengembangan WIKA Novel Arsyad menyatakan kegembiraannya atas selesainya pekerjaan masjid yang berada tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika. Dia meyakini kehadiran masjid tersebut akan memberikan manfaat bagi pengembangan kawasan ekonomi khusus yang pada hari yang sama juga diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Masjid Mandalika terdiri dari 2 lantai dengan total luas 7.167,5 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 0,8 hektar. Dengan kapasitas daya tampung hingga 1.500 jemaah, masjid ini merupakan masjid terbesar di KEK Mandalika dan terbesar kedua di Nusa Tenggara Barat setelah Islamic Center di Ibukota Mataram.

Selain daya tampung yang besar, arsitektur masjid pun menjadi daya tarik bagi masyarakat khususnya wisatawan Mandalika.

“Masjid Nurul Bilad tampil elegan dengan desain eksterior yang mengadopsi konsep adat Suku Sasak. Dari sisi pencahayaan, bentuk atap Masjid Nurul Bilad mampu memaksimalkan pencahayaan alami dan konsep tanpa dinding memudahkan sirkulasi udara,” lanjut Novel. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

Kiai Nonop: Ukhuwah Islamiyah Kunci Kemenangan

SUARAMASJID| Garut–KH. Nonop Hanafi, pelopor jalan kaki saat Aksi Bela Islam beberapa waktu lalu dari …