Home / Berita Umat / Johari Zein Foundation Dirikan Masjid Anti Gempa di Lombok

Johari Zein Foundation Dirikan Masjid Anti Gempa di Lombok

SM| Lombok–Sebuah Masjid antigempa saat ini telah hadir di tengah-tengah masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid yang diberi nama Masjid Zeinurrahim tersebut didirikan oleh Johari Zein Foundation.

Pendiri Johari Zein Foundation, Djohari Zein menjelaskan, masjid yang baru saja selesai itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ibadah masyarakat di Lombok Utara pascagempa yang terjadi 2018 lalu.

“Selain kebutuhan fisik, pascagempa kemarin, kebutuhan rohani juga sangat penting,” jelasnya dikutip Antara.

Pengusaha Indonesia dan pendiri Global Basket Mulia Investama (GBMI) itu juga mengatakan, masjid yang berada di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara itu akan langsung diserahkan kepada Yayasan Isti’daduddaroin untuk bisa segera digunakan.

Djohari juga menjelaskan Masjid Zeinurrahim didirikan di atas laham seluas 1300 meter persegi yang dapat menampung kurang lebih 800 jamaah. Masjid juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti pusat belajar santri tahfidz, ruang kerja, tempat menginap untuk musafir dan ruang takmir masjid.

“Kami berharap dibangunnya kembali masjid Zeinurrahim tersebut bisa menjadi pusat kegiatan dakwah di Lombok Utara,” ujarnya.

Sebagai lembaga filantropi Johari Zein Foundation berinisiatif mendirikan kembali sarana ibadah yang rusak dan hancur akibat gempa bumi.

Selain itu, Johari Zein Foundation juga bercita-cita untuk mendirikan masjid di delapan penjuru dunia. Masjid Zeinurrahim adalah salah satunya. Masjid berkapasitas sebanyak 800 orang itu didesain untuk mengantisipasi gempa.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Isti’daduddaroin, Ustadz Lalu Wildan menjelaskan, pembangunan masjid sudah banyak memberikan manfaat. Pascagempa, masjid sempat tidak ada kegiatan selama 10 bulan.

“Namun sejak ada masjid Zeinurrahim, aktivitas belajar mengajar kembali pulih,” ungkapnya. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

BNI Syariah Gelar Pelatihan Manajemen Optimalkan Fungsi Masjid

SM| Pekanbaru–Pelatihan managemen masjid berupa pengelolaan keuangan, organisasi, penyusunan program dan pengembangan usaha yang diinisiasi …

Translate »