Home / NETIZEN KAMPUS / Istiqomah dalam Dakwah

Istiqomah dalam Dakwah

Oleh: Laelatul zannah (Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI)

Maka  tetaplah(istiqomahlah) kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampauibatas. Sesungguhnya dia maha melihat apa yang kamu kerjakan”(Q.S. HUD:112).

Maka istiqomahlah dalam memegang tali islam (istiqomahlah dalam kebaikan) merupakan kewajiban asasi dan sebuah keniscayaan bagi hamba-hamba allah yang menginginkan khusnul khatimah dan mengharapkan surganya. Istiqomah bukan hanya diperintahkan kepada manusia biasa saja  akan tetapi juga diperintahkan kepada manusia-manusia sepanjang sejarah  peradaban dunia, yaitu para nabi dan rasull.

DAMPAK POSITIF DARI  ISTIQOMAH

  • KEBERANIAN

Muslim yang istiqomah dalam hidupnya ia akan memiliki keberanian yang luar biasa. Ia tidak akan gentar menghadapi cobaan dalam hidupnya selain itu juga berbeda dengan orang yang di dalam hatinya ada penyakit nifaq yang menimbulkan kegamangan dalam melangkah dan kekuatiran serta ketakutan dalam menghadapi rintangan dakwah . seperti yang sudah di jelaskan dalam firman allah swt. Dalam surat al-maidah ayat 52.

Yang artinya: “maka kamu akan melihat orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya (orang-orang munafik) bersegera mendekati mereka (yahudi dan nasrani) seraya berkata “kami takut akan mendapat bencana” mudah-mudahan allah akan mendatangkan kemenangan(kepada rasullnya) atau suatu keputusan dari sisinya . maka karena itu , mereka menjadi menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka.”

  • KETENANGAN

Orang yang istiqomah dalam jalan allah adalah orang yang memiliki ketenangan , kedamaian,dan kebahagiaan. Meskipun ia melalui rintangan dan cobaan yang luar biasa panjang. Karena ia yakin bahwa inilah jalan yang pernah di tempuh oleh orang sebelumnya yaitu para nabi dan rasull.

  • OPTIMIS

keistiqomah juga melahirkan sikap optimis yang tentunya  berlawan dengan sikap pesimis dalam menjalani cobaan hidup yang di tempuh dan ia tidak menganal kata menyerah yang berujung frustasi.

Ibrahim berkata, “tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat tuhan nya kecuali orang-orang yang sesat”(qs 15:56).

Do’a agar kita tetap istiqomah di jalan allah swt.

Yang Artinya : “ wahai dzat yang membolak-balikan hati ,teguhkanlah hati kami di atas agamamu” [HR. Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]

Maka Jadilah muslim yang beristiqomah,  muslim yang selalu mempertahankan keimanan dan aqidahnya dalam kondisi dan situasi apapun, Manusia yang senantiasa sabar dalam menghadapi godaan dalam medan dakwah yang diembannya itu lah yang di namakan manusia yang selalu istiqomah dalam keadaan apapun.

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Keimanan yang Selalu Akan Diuji

Oleh : Nurul Ummah (STEI SEBI Semester 5) Fenomena akhir zaman ini seringkali dikaitkan dengan …

Translate »