Home / Berita Umat / Gus Mus Resmikan Masjid Pasujudan di Semarang

Gus Mus Resmikan Masjid Pasujudan di Semarang

SUARAMASJID.com| Semarang–KH Musthofa Bisri atau Gus Mus meresmikan Masjid Pasujudan berdesain unik di Perumahan Ayodya Sekaran, Gunungpati Kota Semarang, Jumat (18/8/2017).

Masjid itu dinamakan Pasujudan. Masjid ini konsep awalnya merupakan kolaborasi antara perumahan Ayodya Sekaran, Developer dan dibantu oleh Mahasiswa Arsitektur.

Pihak perumahan menyelenggarakan sayembara untuk membuat desain Masjid pada tahun 2016, lalu terpilih pemenang dari Mahasiswa Arsitektur Undip.

Konsep bangunan Masjidnya cukup menarik, karena menggunakan filosofi utamanya bentuk segitiga. Jadi waktu itu memang penjelasannya sebagai simbolisasi dari hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama, sesuai dengan ajaran agama Islam,” kata Nugroho, wakil pemilik perumahan Ayodya Sekaran.

Kriteria sayembara kala itu adalah green, yaitu bangunan yang ramah lingkungan. Konsep bangunan masjid ini semi terbuka. Sehingga siklus udara lancar. Sebisa mungkin hawanya tetap dingin tanpa menggunakan AC atau alat pendingin lain.

Masjid ini dikerjakan mulai Oktober 2016 hingga peresmian bulan Agustus 2017 sekitar 10 bulan. Peresmian masjid diawalai dengan pembacaan yasin dan tahlil. Lalu sambutan dari keluarga, peresmian masjid yang ditandai dengan pemukulan kentong dan penandatanganan prasasti oleh KH. Ahmad Musthofa Bisri (Gus Mus) dan Ibu Sri Mardika Ningsih.

Peresmian Masjid Pasujudan bertepatan dengan peringatan 1.000 hari meninggalnya H Suhardjo pemilik perumahan Ayodya Sekaran. Dan bertepatan ulang tahun Sri Mardika Ningsih Istri Almarhum H Suhardjo.

Masjid Pasujudan juga terang meski tanpa lampu di siang hari. “Kita juga menerapkan prinsip untuk menggunakan air hujan, ada sumur serapan. Yaitu kita manfaatkan untuk pengelolaan operasional seperti menyiram kebun dan segala macamnya,” terang Nugroho dilansir tribunnews.com.

Diharapkan, Masjid Pasujudan bisa berfungsi sebagai mana mestinya, yaitu untuk tempat ibadah termasuk pengajian, TPQ dan sebagainya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

PBB: 313 Ribu Muslim Rohingya Eksodus ke Bangladesh

SUARAMASJID| Bangladesh–Jumlah warga Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di Negara Bagian Rakhine, Myanmar …