GEMAS Luncurkan Alat Ketok Karpet Masjid

SUARAMASJID.com| Jakarta–Gerakan Membersihkan Masjid (Gemas) membuat alat pembersih karpet masjid yang bernama Alat Ketok Karpet. Inovasi itu dilakukan untuk memudahkan proses membersihkan masjid. Alat tersebut diluncurkan oleh Gemas dalam rangkaian acara Gemas In Ciamis, Ahad 18 Desember 2016.

“Ini karya pertama Gemas yang ditemukan oleh tim kreatif kami,” kata Ketua Gemas, Romadi Yanto, Kamis (15/12).

Perjalanan penemuan Alat Ketok Karpet tidak memakan waktu yang singkat, tim kreatif Gemas harus melalui waktu panjang dan beberapa tahap pembuatan.

Tim kreatif Gemas awalnya membuat alat ketok yang bekerja secara manual, lalu alat dimodifikasi menggunakan dynamo motor. Sehingga alat bekerja secara otomatis. Pembuatan alat yang terbaru kurang lebih memakan waktu satu bulan, tergantung kemampuan teknisi yang mengerjakan.

“Saat ini, alat itu juga masih perlu penyempurnaan,” tutur Romadi seperti dikutip voa-islam.com.

Menurut Romadi, Alat Ketok Karpet sangat efektif untuk membersihkan karpet-karpet masjid. Membantu Gemas dalam rangkaian pembersihan masjid. “Kami juga dalam tahap membuat buku panduan penggunaanya,” katanya.

Rencananya, Gemas akan menyalurkan alat tersebut ke sejumlah cabang Gemas di Indonesia. Oleh karena itu, Gemas berharap ada donator atau investor yang dapat membantu memproduksi alat tersebut. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

hijab day

Muda-Mudi Ramaikan Gerakan Menutup Aurat 2020 di Binjai

SM| Binjai–Gerakan Menutup Aurat (Gemar) Tahun 2020 digelar bulan Februari di berbagai kota seluruh Indonesia …

persis

Persis akan Gelar Muktamar XVI di Bandung

SM| Bandung–Organisasi kemasyarakatan Persatuan Islam (Persis) akan menggelar Muktamar XVI di Bandung, Jawa Barat pada …

Translate »