Home / Berita Umat / Gelaran Riau Triathlon Sunah Jaring Wisatawan Muslim

Gelaran Riau Triathlon Sunah Jaring Wisatawan Muslim

SUARAMASJID| Riau–Riau Triathlon Sunah (RTS) memperlombakan tiga olahraga yang disunahkan dalam Islam seperti renang, berkuda dan bersepeda. Trilomba itu diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan wisata halal di provinsi Riau. Meski wisata halal belum terlalu melekat pada provinsi itu seperti Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, dan Aceh.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Riau, Dede Firmansyah pun merasa tertantang untuk mengangkat pariwisata halal di sana.

“Saya merasa terbebani ketika halal tourism hanya melekat pada Aceh, Sumbar, dan NTB. Padahal Riau sebetulnya melayu. Islam banget,” kata Dede seperti dikutip dari Halallifestye.id, Sabtu (21/4/2018).

Menurut dia, Riau khususnya Pekanbaru identik dengan kuda endurance, karena itulah Wisata Dakwah Okura dan Pordasi Pekanbaru bekerjasama dengan Danrem 031/Wirabima menggelar event tersebut. Dinamakan Triathlon Sunah karena tiga olahraga yang diperlombakan merupakan yang disunahkan dalam Islam yakni berkuda, renang dan memanah.

Triathlon Sunah akan digelar di di Rumbai Pesisir, Pekanbaru pada Ahad (22/4) lusa. Trilomba itu akan diikuti 30 tim. Di mana, setiap tim berjumlah tiga atlet karena menggunakan sistem estapet.

Dari Malaysia sudah ada dua tim yang mendaftar. Sedangkan peserta lainnya kebanyakan datang dari Pulau Jawa. Triathlon merupakan sport tourism yang diharapkan bisa mendatangkan wisman. Seperti peserta dari Malaysia yang bukan tidak mungkin akan membawa keluarga atau temannya ke Riau.

“Targetnya Kemenpar 20 juta wisman di 2019. Di mana, 400 ribu di antaranya dari Timur Tengah. Setelah saya timbang-timbang, Riau setidaknya bisa mendatangkan seribu wisman dengan wisata berkuda,” kata Dede menambahkan. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

Usamah Hisyam, Dai Jurnalis yang Lantang Berdakwah ke Penguasa

SUARAMASJID| Peci hitam menjadi khas lelaki paruh baya ini, gaya bahasa yang lantang dalam menyuarakan …

Translate »