Home / Berita Umat / Februari Jakarta Islamic Center Gelar Kontes Robotik

Februari Jakarta Islamic Center Gelar Kontes Robotik

SM| Jakarta–Siapa yang gak kenal Si TAYO the Little Bus atau Super Wings. Yang teranyar dan terkeren ada BUMBLEBEE, jagoan robot mobil berwarna lebah di film Transformer. Ya, dunia anak-anak sangat menyukai visualisasi robot atau sesuatu yang berkarakter ‘hero’ dalam bentuk robot.

Robot juga menjadi salah satu icon yang banyak menginspirasi anak-anak dari sejak dulu hingga sekarang, terlebih di era revolusi Industri 4.0 saat ini dengan otomatisasi yang semakin banyak dan serba internet (internet of things).

Dengan spirit menjawab peluang dan tantangan RI 4.0, Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar event kontes robotik terbesar di Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat pemahaman dan wawasan seputar sains, mekanika dan elektronika robot bagi pelajar-pelajar muslim Jakarta yang dikemas dalam bentuk kompetisi. Kontes robotik ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 Februari 2019 di Jakarta Islamic Centre. Dan menjadi rangkaian kegiatan akbar Jakarta Islamic Education Fair atau yang disingkat dengan JIEF 2019.

JIEF tahun 2019 merupakan penyelenggaraan ketiga event pameran pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre.

Menurut Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan, Rakhmad Zailani Kiki, peluang dan tantangan era Revolusi Industri 4.0 saat ini harus kita hadapi dan antisipasi dengan sebaik mungkin, khususnya bagi lembaga pendidikan Islam Jakarta.

“Kami ingin membantu memajukan pendidikan Islam, khususnya di Jakarta. Karena kita semua faham bahwa dikotomi pendidikan Islam dan umum masih sangat kuat di negeri ini. Dan ironisnya pendidikan Islam selalu menjadi sub ordinat dari pendidikan nasional,” terang Rakhmad Zailani Kiki.

Dengan kontes robotik ini, Jakarta Islamic Centre berharap dapat mendorong penguasaan sains, mekanika dan elektronika di bidang robotik. Dan JIC menggandeng kerjasama dengan rumah robot Racer dan Motecors.

JIEF perdana dilaksanakan pada tahun 2017, selanjutnya untuk yang kedua kalinya dilaksanakan pada tahun 2018. Akhirnya, JIEF ketiga tahun ini dipastikan akan lebih meriah dan lebih semarak dibanding tahun sebelumnya. Yuk jangan ketinggalan untuk ikut bergabung dalam event ini.*

Komentar

About Ayyas

Check Also

Pernyataan Sikap PP Muhammadiyah atas Tragedi Selandia Baru

SM| Jakarta–Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bahtiar Effendy mengimbau umat Islam Indonesia untuk bersikap tenang, …

Translate »