Home / Khazanah / Dunia Islam / Erdogan: Akhiri Perpecahan Sektarian

Erdogan: Akhiri Perpecahan Sektarian

ISTANBUL, SM–Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kamis (14/4) mendesak para pemimpin Muslim yang tergabung di KTT OKI untuk mengakhiri perpecahan sektarian di dunia Islam dan bergabung untuk memerangi terorisme.

Sperti dirilis Arab News (15/4), Erdogan menyerukan Negara Islam untuk bersatu. Keluar dari tirani konflik, karena hanya umat Islam yang menderita. Ia menambahkan pertemuan puncak bisa menjadi titik balik untuk seluruh dunia Islam.

Dia juga menyerukan restrukturisasi Dewan Keamanan PBB, sehingga dunia Muslim memiliki suara yang efektif. Erdogan mengecam Daesh dan Boko Haram ekstremis di Nigeria sebagai dua  organisasi teroris yang melayani tujuan jahat sama.

Dia mengatakan bahwa OKI telah menerima proposal Turki untuk mendirikan pusat koordinasi polisi multinasional untuk negara-negara Islam guna memerangi militan yang bermarkas di Istanbul. “Kita perlu membangun suatu organisasi untuk lebih memperkuat kerjasama dalam memerangi teror,” katanya.

Beberapa pemimpin telah menyatakan komitmen mereka untuk menyatukan dunia Islam dalam menghadapi tantangan politik, ekonomi dan sosial yang sudah parah.

Dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Soukry, Presiden Abdul Fattah El-Sisi mengatakan bahwa sebagai ketua KTT sebelumnya, Mesir telah melakukan segala sesuatu yang bisa untuk memajukan umat Islam di seluruh dunia.

Turki sebagai ketua baru, terutama yang berkaitan dengan Palestina, yang harus diselesaikan dengan Al-Quds Al-Sharif sebagai ibukotanya. Dia memuji OKI untuk mengadakan pertemuan puncak di Palestina di Indonesia pada bulan Maret lalu.

Erdogan setuju dengan harapan El-Sisi untuk penyelesaian kasus Palestina, dan juga mendukung seruan untuk persatuan di antara negara-negara Muslim untuk mengatasi masalah-masalah masyarakat yang rentan konflik.

Dia mengatakan Turki melakukan segala sesuatu yang bisa untuk membantu pengungsi, dan telah menyelamatkan sekitar 100.000 pengungsi dari tenggelam di Laut Aegean.

Hari ini, KTT OKI akan menyimpulkan resolusi tentang Palestina, Program OKI 10 tahun Aksi 2015-2025 dan Deklarasi Istanbul. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Studio Dansa Disulap Jadi Masjid di London

SM| London–Markas Asosiasi Muslim Kanada (MAC) baru saja dipindahkan dari 366 Oxford St E ke …

Translate »