Home / Khazanah / Dunia Islam / Dubes RI Resmikan Muslim Tatar Cultural Center di Rusia

Dubes RI Resmikan Muslim Tatar Cultural Center di Rusia

SUARAMASJID.com| Moskow–Satu lagi masjid hadir di kota Moskow setelah diresmikan oleh pimpinan dewan masjid setempat Mufti Sheikh Ravil Gainutdin.

Dubes RI untuk Federasi Rusia Wahid Supriyadi, menghadiri peresmian Muslim Tatar Cultural Center (MTCC) ditandai dengan pembukaan selubung plakat oleh dan Dubes Wahid Supriyadi mewakili kalangan diplomatik yang hadir di kota Staraya Kupavna, 50 km dari Moskow.

Muslim Tatar Cultural Center (MTCC) seluas 400 m2 bertingkat empat dan menampung 400 jamaah di dalam dan 3000 orang di halaman. MTCC dibangun sejak tahun 2010 dengan dana sumbangan masyarakat dan donator khususnya etnis Tatar. Di dalam MTCC terdapat perpustakaan, tempat bermain anak-anak, madrasah kecil, ruang olahraga, dan kafe Halal.

Wahid Supriyadi mengatakan, dari lebih 140 juta penduduk Rusia, sekitar 20 juta beragama Islam, mayoritas etnis Tatar dan etnis di Kaukasus. “Islam merupakan agama tradisional berabad-abad berkoeksistensi damai dengan Kristen Ortodok yang mayoritas,” ujarnya seperti dilansir Antara, Sabtu (08/04/2017).

Kini, jumlah masjid di seluruh Rusia mencapai 7500 dan ada 4 masjid di ibukota Moskow sedangkan di propinsi Moskow terdapat 50 yayasan semacam MTCC yang umumnya juga berfungsi sebagai masjid.

Peresmian mesjid dihadiri Wakil Gubernur Propinsi Moskow, Walikota Noginsk, Walikota Staraya Kupavna, Kepala Gereja Orotodok kota Noginsk, dan perwakilan kedubes Irak, Kuwait, Saudi Arabia, dan Sudan di Federasi Rusia.

Mufti Sheikh Ravil Gainutdin merupakan Ketua Dewan Mufti Rusia, Ketua Badan Rohani Muslim Federasi Rusia dan juga anggota Dewan Untuk Kerjasama Dengan Asosiasi Keagamaan dibawah Presiden Rusia, dalam sambutannya menyatakan MTCC dibangun tidak hanya sebagai tempat beribadah namun juga sebagai wadah sosial, pendidikan, dan budaya bagi semua orang.Sebab Islam mengajarkan umatnya hidup saling toleransi dan menghormati setiap manusia.

Mufti berusia 57 tahun dari etnis Tatar juga mengenang dan mendoakan korban tewas dan luka dalam tragedi bom di metro kota St. Petersburg tanggal 3 April lalu dan mengutuk pelaku kejahatan brutal ini. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

Bangunan Masjid di Cina Harus Berarsitek Ala Cina

SUARAMASJID| Beijing–Pemerintah Cina meminta agar arsitektur pembangunan rumah ibadah Umat Muslim di Cina atau Masjid …

Translate »