Home / Berita Umat / DSN-MUI Proses Sertifikasi RSI Sultan Agung Semarang

DSN-MUI Proses Sertifikasi RSI Sultan Agung Semarang

SUARAMASJID.com| Semarang–Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan  proses sertifikasi di RSI Sultan Agung Semarang, Jawa Tengah. Harapan dari sertifikasi ini, umat Islam bisa mendapatkan pelayanan kesehatan berbasis syariah segera terwujud.

Sertifikasi ini meliputi semua hal yang berkaitan dengan pelayanan rumah sakit termasuk seluruh sarana dan prasarana yang digunakan. Seperti ketersediaan tempat ibadah, alat untuk bersuci, dan sebagainya.

“Standar Operating Procedure (SOP) kita pastikan standar syariah, Mulai dari pelayanan sampai persiapan orang yang akan meninggal. Semua harus jelas,” ujar Sekretaris Bidang Bisnis dan Pariwisata Halal DSN MUI, Muhammad Buchori.

Dijelaskan, akreditasi ini merupakan langkah maju bagi umat Muslim karena saat ini masyarakat mulai memperhatikan kehalalannya sebuah produk. “Saat ini halal menjadi life style. Maka dari itu kita mendorong semua sektor termasuk kesehatan yang dimiliki seorang muslim sudah tersertifikasi sesuai syariah,” katanya, dalam siaran pers, Sabtu (10/9).

Pada sertifikasi, tim DSN MUI melakukan telusur dokumen SOP terkait pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, tim DSN MUI juga melakukan survei ke beberapa ruangan untuk memastikan berjalannya SOP pelayanan kesehatan berbasis syariah.

Direktur RSI Sultan Agung, dr H Masyhudi, menjelaskan untuk menyiapkan menjadi RS syariah, pihaknya mencetuskan gerakan RS peduli ibadah, membaca Alquran, penambahan struktur dan fungsi layanan kerohanian, serta menyertifikasi halal instalasi gizi. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Menag Optimis Jamaah Haji 2020 Mencapai 231 Ribu

SM| Jakarta–Menteri Agama Fachrul Razi optimis Pemerintah Arab Saudi akan menambah kuota haji Indonesia tahun …

Translate »