Home / NETIZEN KAMPUS / Dahsyatnya Kekuatan Sabar

Dahsyatnya Kekuatan Sabar

Oleh Laelatul Jannah, Mahasiswa Semester IV Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI

Sebelum kita membahas tentang dahsyatnya kekuatan dari sebuah kesabaran, tentunya kita harus mengerti dulu apasih yang dimaksud dengan sabar? Sabar itu adalah sikap menahan emosi, keinginan dan bertahan dalam situasi yang sulit tanpa mengeluh sifat sabar memiliki nilai tinggi dan juga mencerminkan kekokohan jiwa seseorang yang memiliki sifat sabar tersebut. minsalnya Untuk menjadi seorang pemenang kita tidak harus selalu menggunakan kekuatan fisik, tetapi dengan kesabaran justru mempunyai kekuatan yang luar biasa.

Seperti yang telah dijelaskan dalam Q.S Al baqarah ayat 153 :

يايها الذين امنوا استعينوا بالصبر والصلوة  ان الله مع الصبرين

yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.

Dan yang telah dijelaskan juga di Q.S An Nahl ayat 127 :

واصبر وماصبرك اﻻ بالله وﻻ تحزن عليهم وﻻ تك في ضيق مما يمكرون

Yang artinya: “Bersabarlah (Hai Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan allah janganlah allah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan”.

Seorang manusia kita harus bisa bersabar dalam hal apapun salah satunya adalah bersabar saat menghadapi ujian atau cobaan dari ALLAH SWT.

Ada beberapa macam sabar, antara lain: yang pertama sabar terhadap apa yang telah ditakdirkan Allah SWT. yang kedua sabar dalam menjalankan perintah Allah SWT. yang ketiga sabar dari apa yang dilarang Allah SWT.

Ada beberapa ciri orang-orang yang sabar: yaitu giat bekerja, tidak mudah marah, rajin beribadah, suka bersedekah dan membantu orang lain, tidak berbicara kotor, senantiasa mengalah demi kebaikan.

Beberapa  Manfaat sabar untuk diri kita yaitu: yang pertama mudah menyelesaikan suatu permasalahan, yang kedua karena orang sabar dapat berfikir secara tenang, yang ketiga jarang mempunyai konflik dengan orang lain, yang keempat tidak kaget dalam menghadapi suatu permasalah.

Sabar itu tidak ada batasnya dan balasannya kesabaran karena mencari ridha ALLAH SWT. adalah surga.

Yang mana di jelaskan dalam (Q.S Ar-ra’du:24)

سلم عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار

Yang artinya : (sambil mengucapkan), “Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu (yaitu surga)”.

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Keimanan yang Selalu Akan Diuji

Oleh : Nurul Ummah (STEI SEBI Semester 5) Fenomena akhir zaman ini seringkali dikaitkan dengan …

Translate »