Home / Berita Umat / Bangunan Masjid di Cina Harus Berarsitek Ala Cina

Bangunan Masjid di Cina Harus Berarsitek Ala Cina

SUARAMASJID| Beijing–Pemerintah Cina meminta agar arsitektur pembangunan rumah ibadah Umat Muslim di Cina atau Masjid harus bersifat Cina. Hal tersebut dilakukan lantaran banyaknya bangunan Masjid yang meniru gaya Asing.

Kepala Asosiasi Islam China, Yang Faming menjelaskan, saat ini beberapa gaya konstruksi banyak meniru model asing. Bahkan di beberapa daerah, konsep halal telah menjadi hal yang biasa dan hal itu, dianggap mengganggu kehidupan sekuler.

“Orang-orang Muslim China perlu berjaga-jaga melawan Islamisasi yang merayap, termasuk masjid-masjid yang meniru gaya asing,” kata Yang dilansir Reuters Sabtu (10/3),

Yang menjelaskan, China secara resmi menjamin kebebasan beragama, namun dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Cina memperketat kontrol di daerah-daerah kantong Muslim. Hal itu lantaran kecemasan tentang kemungkinan adanya radikalisasi dan kekerasan.

Selain itu, tambah Yang, Islam di China harus menjunjung tinggi pengalaman sukses menjadi lebih Cina, dipandu oleh nilai-nilai sosialis inti dan menentang radikalisasi. “Praktik keagamaan, budaya dan arsitektur bangunan keagamaan harus bersifat Cina,” ulangnya.

Cina adalah rumah bagi sekitar 20 juta Muslim. Muslim di Negara Tirai Bambu itu banyak yang tinggal di bagian barat negara itu, yaitu orang Uighur Xinjiang

Pemerintah China telah menyalahkan serangkaian serangan dalam beberapa tahun terakhir di Xinjiang, yang berada di perbatasan Asia Tengah dan Pakistan, pada militan Islam. Kelompok Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa kerusuhan tersebut merupakan reaksi terhadap kontrol China terhadap hak-hak agama dan budaya orang-orang Uighur yang tinggal di sana.

Namun, Pemerintah Cina membantah tudingan penindasan di Xinjiang tersebut. Citra China di kalangan komunitas Muslim di seluruh dunia pada umumnya bagi Beijing adalah untuk mendorong inisiatif “Belt and Road”. Presiden Xi Jinping untuk menginvestasikan miliaran dolar untuk membangun infrastruktur yang menghubungkan Asia, Eropa dan Afrika. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 08577-600-5001 atau Telegram @suaramasjid Terima kasih

Check Also

Menag: Layanan Haji Sudah Siap 95 Persen

SUARAMASJID| Jakarta–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan buat jemaah Indonesia di Arab Saudi pada …

Translate »