Home / Berita Umat / Awal Ramadhan Serentak di Seluruh Dunia

Awal Ramadhan Serentak di Seluruh Dunia

RIYADH (SM)–Mahkamah Agung Arab Saudi menyatakan Senin, 6 Juni 2016, sebagai hari pertama Ramadhan 1437 H.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan beberapa saat yang lalu, pengadilan tertinggi membuat keputusan tersebut setelah memvalidasi laporan penampakan bulan sabit Ramadhan dari beberapa saksi ahli.

Dilansir dari Al Arabiya News Channel, bulan Ramadhan telah terlihat di Arab Saudi dan Kuwait. Karena itu, Senin, 6 Juni 2016 menjadi hari pertama bulan suci di negara-negara Arab lainnya.

Demikian juga untuk wilayah UAE, Jordania dan wilayah Palestina telah dikonfirmasi melihat bulan sabit Ramadhan dan menyatakan Senin sebagai hari pertama bulan suci bagi umat Islam.

Sebelumnya, Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta semua umat Islam di seluruh Kerajaan Arab Saudi untuk melihat bulan sabit dari bulan Ramadan yaitu hari Ahad malam, 29 Sya’ban 1437 H, atau 5 Juni 2016.

Siapa pun yang melihat hilal bulan Ramadhan dengan mata telanjang atau melalui teropong dan mendaftarkan kesaksiannya ke pengadilan, atau kepada otoritas pusat wilayah di daerah di mana ia melihatnya.

Keputusan Pengadilan Agung Saudi terkait awal Ramadhan ini menjadi referensi penting bagi warga di belahan dunia lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan negara-negara Eropa lainnya.

Di Indonesia, tanggal 1 Ramadhan diputuskan setelah Kementerian Agama RI menggelar sidang isbath bersama para tokoh dan pakar ilmu astronomi dan falak, pimpinan ormas Islam, dan sejumlah duta besar negara sahabat.

Sidang yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memutuskan awal puasa Ramadan 1437 jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016.

Lebih dari 1,5 miliar umat Islam di seluruh dunia akan memulai puasa Ramadhan tahun ini. Mereka menahan tidak makan, minum, merokok dan berhubungan badan dari fajar sampai matahari terbenam.

Selama sebulan, umat Islam memperbanyak amal perbuatan baik dan menjauhi melakukan perbuatan jahat dan pikiran jahat. Malam harinya mereka juga mengerjakan shalat tarawih.

Setelah menjalankan puasa selama sebulan, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri 1437. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

MIUMI: Ormas Islam Harus Buat Roadmap Perjuangan bagi Kejayaan Umat

SUARAMASJID| Jakarta–Ribuan umat Islam berkumpul di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta pada Sabtu (01/12/2018) …

Translate »