Home / Khazanah / Dunia Islam / Arab-Turki Perkokoh Hubungan Ekonomi

Arab-Turki Perkokoh Hubungan Ekonomi

 

RIYADH, SM–Perdagangan dan investasi akan meningkat antara Turki dan Arab Saudi pada tahun-tahun yang akan mendatang, dua negara ini memperkokoh hubungan ekonomi dan politik lebih dekat, demikian dirilis Arab News Rabu, (13/4).

Turki telah mengalokasikan 25 persen dari investasi di Timur Tengah ke Arab Saudi, dengan lebih dari 200 perusahaan Turki yang beroperasi saat ini dengan omzet sekitar $ 1 miliar, sedangkan nilai investasi Saudi di Turki, selain real estate, sebesar $ 1,9 miliar.

Para ekonom memperkirakan kunjungan kenegaraan dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan partisipasinya dalam KTT Islam akhir pekan ini akan memiliki dampak positif pada perdagangan dan investasi.

Perdagangan antara kedua negara mencapai US $ 8 miliar pada 2015, mengalami kenaikan dari $ 7 miliar pada tahun 2013. ekspor Saudi sebesar $ 4,5 milyar difokuskan pada minyak, plastik dan bahan kimia.

Ekspor Turki ke Arab Saudi mencapai sekitar $ 3 miliar dan telah tumbuh sekitar 30 persen dibanding periode yang lalu, dan sebagian besar terkonsentrasi di baja, tekstil, furnitur, peralatan, alat-alat, irigasi, pertanian, transportasi, dan industri militer.

Baru-baru ini, Kementerian Perumahan Saudi mengumumkan bahwa akan mengadakan pembicaraan dengan kelompok perusahaan Turki untuk membangun 2 juta unit perumahan di seluruh Britania bernilai sekitar $ 240 miliar.

Turki berusaha untuk meningkatkan volume investasi Saudi di wilayahnya sebesar $ 25 miliar, dan meningkatkan pertukaran perdagangan dari saat ini $ 8 miliar sampai $ 20 miliar pada 2023. Ankara juga telah memperkenalkan beberapa reformasi ekonomi yang bertujuan untuk menarik investor termasuk properti baru dan fasilitas visa elektronik.

Berkenaan dengan pariwisata, Turki menarik 250.000 wisatawan Arab tahun lalu, dengan angka ini diperkirakan akan meningkat tahun-tahun mendatang. Lebih dari 500.000 peziarah Turki mengunjungi Arab Saudi setiap tahun, yang menghasilkan devisa $ 1.3 miliar ke dalam Kerajaan.

Ada 48 perusahaan Arab yang beroperasi di Turki, Ankara juga banyak membantu beberapa perusahaan bermasalah dari Kerajaan. Beberapa perusahaan Saudi telah mengalami masalah karena mereka tidak ditangani dengan pedagang yang terdaftar, atau berkonsultasi dengan Badan Komersial Turki, pihaknya juga menawarkan konsultasi bisnis gratis.

Volume investasi Saudi di properti Turki meningkat menjadi lebih dari $ 2 miliar pada tahun 2015. Lebih dari 300 perusahaan real estate dengan link ke Saudi beroperasi di Turki. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Studio Dansa Disulap Jadi Masjid di London

SM| London–Markas Asosiasi Muslim Kanada (MAC) baru saja dipindahkan dari 366 Oxford St E ke …

Translate »