Anies Ingin Masjid Berperan dalam Penyelesaian Masalah Masyarakat

SUARAMASJID| Jakarta–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pelantikan pengurus ranting Dewan Masjid dan pengurus Ikatan Majelis Taklim ibu-ibu se-Jakarta Utara. Dalam sambutannya, Anies berharap masjid tak hanya jadi sarana ibadah saja, tapi juga bisa menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah.

“Kita bukan hanya menempatkan masjid sebagai sarana ibadah dalam arti sempit. Masjid menjadi insyaallah bisa juga menjadikan pendidikan umat, tempat pengkajian, musyawarah, tempat menyelesaikan masalah-masalah masyarakat,” kata Anies, Sabtu (10/2/2018).

Anies lantas mencontohkan bagaimana masjid menjadi tempat berlindung bagi warga yang mendapat cobaan di sepanjang Kali Ciliwung. Dia berharap masjid di Jakarta Utara juga bisa memiliki fungsi tersebut.

“Dan juga sebagai apabila masyarakat menghadapi tantangan cobaan, seperti beberapa hari kemarin di daerah sepanjang Ciliwung. Masjid jadi pusat untuk rakyat mendapat perlindungan. Ini jadi kenyataan. Saya berharap di Jakarta Utara demikian,” ujarnya seperti dilansir detik.com.
Selain itu, Anies berharap pengurus masjid yang telah dilantik dapat meningkatkan kualitas manajemen yang lebih baik. Kata Anies, Dewan Masjid juga merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan umat.

“Saya berharap pengurus nanti bisa mendorong peningkatan kualitas manajemen masjid kita. Peningkatan fungsi masjid kita,” tuturnya. [FR]  

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

surat dmi soal corona

DMI Keluarkan Edaran Terkait Shalat Jumat di Masjid

SM| Jakarta–Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan shalat Jumat terkait …

Translate »