Home / Berita Umat / AlAzhar Kecam Pembukaan Terowongan Masjid Al-Aqsa oleh Israel

AlAzhar Kecam Pembukaan Terowongan Masjid Al-Aqsa oleh Israel

SM| Kairo–Lembaga Al-Azhar di Mesir mengecam pembukaan terowongan oleh Israel yang menghubungkan Permukiman Silwan dengan Tembok Ratapan, yang juga dikenal sebagai Tembok Burak di bagian selatan Masjid al-Aqsa, Yerusalem Timur yang diduduki.

Melalui pernyataan tertulisnya yang dikutip dari Anadolu, Selasa (2/7/2019), Al-Azhar mengutuk Israel yang berupaya mengubah identitas Yerusalem.

Lembaga Islam di Mesir itu juga memperingatkan bahwa langkah itu memicu api di wilayah tersebut.

Pernyataan Al-Azhar itu menyebut pelanggaran terbaru yang dilakukan oleh Israel adalah membuka terowongan. Untuk itu pihaknya mengajak komunitas internasional untuk mendesak Israel menghentikan pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Pernyataan itu mengingatkan pentingnya peran semua negara untuk bertanggung jawab terhadap hak-hak umat Muslim dan Kristen serta masalah Palestina.

Selain itu, Al-Azhar menekankan kepada seluruh komunitas internasional untuk mengambil tindakan serius untuk mengakhiri praktik penghinaan terhadap hak-hak, tanah, dan nasib rakyat Palestina yang dilakukan secara terus-menerus oleh Zionis.

Perwakilan Khusus Gedung Putih AS Jason Greenblatt dan Duta Besar AS Untuk Israel David Friedman menghadiri upacara peresmian terowongan tersebut kemarin. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Usai Dampingi Pengungsi di Wamena, WMI Bertolak ke Ambon

SM| Jayapura–Usai mendampingi kepulangan 1500 Pengungsi Wamena dari Jayapura pada jumat (11/10/2019), Tim Kemanusiaan Wahana …

Translate »